Kisah Suporter Terbaik 2020: Berjalan Kaki 10 Jam demi Tim Kesayangan

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 18 Desember 2020
Kisah Suporter Terbaik 2020: Berjalan Kaki 10 Jam demi Tim Kesayangan
Marivaldo Francisco da Silva. (Twitter)

BolaSkor.com - FIFA melanjutkan tradisi memilih satu suporter terbaik dalam gelaran The Best FIFA Football Awards. Untuk edisi 2020, gelar FIFA Fan Award diberikan kepada Marivaldo Francisco da Silva.

Marivaldo merupakan pria asal Brasil yang kini berusia 48 tahun. Ia merupakan suporter klub kasta tertinggi Brasil, Sport Club do Recife.

Marivaldo mengalahkan dua pesaingnya yaitu James Anderson dan kelompok suporter Kolombia. Ia menjadi orang kelima yang meraih penghargaan ini.

Baca Juga:

Penghargaan FIFA 2020: Robert Lewandowski dan Jurgen Klopp Jadi yang Terbaik

Gelar Pelatih Terbaik yang Kejutkan Jurgen Klopp

Pemain Terbaik FIFA 2020: Pilihan Berbeda Messi, Ronaldo, dan Lewandowski

Marivaldo Francisco da Silva

“Saya telah mempersiapkan diri sepanjang minggu untuk tetap tenang, tetapi tiba-tiba saya mendengar nama saya diumumkan sebagai salah satu finalis," kata Marivaldo di situs resmi FIFA.

"Saya menangis. Saya sangat, sangat bahagia. Terima kasih Tuhan, terima kasih Tuhan. Saya tidak percaya itu terjadi pada saya."

Kisah Marivaldo dalam mendukung tim pujaannya memang sangat inspiratif. Kesulitan ekonomi tak menghalangi hasrat untuk mendukung langsung tim kesayangannya di stadion.

Marivaldo mengaku sudah mencintai Sport Recife sejak lahir. Meskipun ketika kecil, ia tinggal di Olinda yang membutuhkan waktu tiga jam untuk sampai ke kota Recife.

Namun 12 tahun silam, Marivaldo pindah ke Pombos, sebuah kota di wilayah Penambucano, demi menuruti permintaan sang ibunda. Masalahnya, jarak tempat tinggal barunya semakin jauh dari Recife.

Awalnya, kepindahan tersebut tak mempengaruhi rutinitasnya mendukung Sport Recife di stadion. Ia biasa pergi menggunakan bus atau menumpang kendaraan orang lain.

Masalah kemudian terjadi pada 2016 silam. Marivaldo kehilangan pekerjaan dan hidupnya mendadak jatuh miskin.

Marivaldo kesulitan untuk sekadar memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Ia pun tak punya uang untuk bepergian ke Recife dan membeli tiket pertandingan.

Dalam periode tersebut, Marivaldo untuk sementara harus mengesampingkan rasa cintanya kepada Sport Recife. Ia hanya bisa berdoa agar tim pujaannya meraih kemenangan tanpa bisa mendukung secara langsung.

“Hidup saya hanyalah tentang ibu saya dan Sport Club do Recife, jadi saya berdoa kepada Tuhan. Saya kemudian berpikir bahwa saya sehat dan punya dua kaki," tambahnya.

“Jadi awal 2017 saya mulai berjalan untuk menyaksikan pertandingan. Saya memiliki tas gemblok, mengambil jas hujan dan topi untuk matahari."

"Saya membawa air dan beberapa biskuit. Jaraknya sekitar 60 kilometer dan saya membutuhkan waktu sekitar sepuluh setengah jam (untuk sampai)."

“Saya tidak pernah punya uang untuk membeli tiket pertandingan, tetapi Tuhan selalu menjaga saya dan saya tidak pernah melewatkan satu pertandingan pun. Selalu ada seseorang yang menawarkan untuk membelikan saya tiket, ada malaikat pelindung," katanya lagi.

Waktu 10 jam dihabiskannya hanya untuk pergi. Sementara untuk pulang, Marivaldo bisa menginap di swalayan 24 jam sambil menunggu matahari terbit keesokan harinya.

Totalitasnya dalam mendukung Sport Recife akhirnya mendapat perhatian media besar Brasil, Globo, tahun lalu. Sejak itu, Marivaldo mulai dikenal dan mendapat bantuan dari banyak pihak.

“Semua orang mengenali saya, semua orang ingin mengambil foto. Orang-orang mulai menawari saya barang dan peralatan seperti sepeda. Saya sangat, sangat bersyukur, tetapi saya tidak melakukan semua itu untuk ketenaran melainkan murni karena saya suka Olahraga," kata Marivaldo.

"Saya datang ke sini untuk berterima kasih kepada semua pendukung Sport Recife di Brasil dan di seluruh dunia yang memilih saya untuk memenangkan gelar yang begitu penting, gelar internasional, (Penghargaan) Penggemar FIFA."

Fifa Suporter terbaik Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan