Kisah Syukran Arabia, Meniti Karier di Leganes sampai Ingin Membela Persebaya

Muhammad AdiyaksaMuhammad Adiyaksa - Selasa, 27 November 2018
Kisah Syukran Arabia, Meniti Karier di Leganes sampai Ingin Membela Persebaya
Syukran Arabia Samual (kanan). (Istimewa).

BolaSkor.com - Bakat Syukran Arabia Samual, pemuda berdarah kental Indonesia, mencuri perhatian pemandu bakat Leganus U-16, salah satu skuat level usia Leganes yang berkiprah di La Liga. Masih berusia 15 tahun, Syukran bakal membela Leganes U-16 dalam waktu dekat.

Cita-cita Syukran tidak berhenti sampai di situ. Syukran punya impian pula menimba ilmu di Akademi Sepak Bola Barcelona, La Masia. Harapan yang masih mungkin digapai Syukran sebab usianya sangat menunjang.

"Saya ingin menimba ilmu di La Masia, karena saya mengidolakan Barcelona. Pemain favorit saya adalah Carles Puyol," ujar Syukran.

Bakat Syukran mulai tercium kala memperkuat Tim Sepak Bola Anak Indonesia (SBAI) pada turnamen Football Barcelona Cup, April 2016 lalu. Dirinya bersama rekan seperjuangannya, Andrian Rusianto mendapatkan beasiswa selama tiga tahun dari Akademi Nalvacarnero.

Sejak awal tahun ini, Syukran berhasil menembus skuat Leganes U-16 seusai mengikuti seleksi ketat. Berkat bakat besarnya, bocah yang tinggal di Bojong Gede, Kabupaten Bogor ini pun mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Pelajar Kemenpora yang akan bertanding pada Piala Asia U-16 pada 1-10 Desember 2018 di Bali.

Syukran akan kembali menggali ilmu sedalam mungkin di Leganes pada awal tahun depan. Soal adaptasi, Syukran sempat kesulitan, tapi berhasil melewatinya dengan baik.

"Homesick sih awal-awal saja. Sekarang tidak," kata Syukran.

Ada fenomena yang tidak lagi awam jika banyak bakat muda Indonesia yang meniti karier di Spanyol, memilih untuk kembali pulang ke Tanah Air. Sebut saja Syahrian Abimanyu dan Samuel Christianson, personil Timnas Indonesia U-19, yang kini berseragam Sriwijaya FC. Jika itu merembet pula terhadap nasib Syukran, maka ia tertarik untuk membela Persebaya Surabaya.

"Kalau di Indonesia, saya suka Hansamu Yama dan jika kembali ke sini, saya ingin membela Persebaya," imbuh Syukran.

Dalam lubuk hatinya yang paling dalam, Syukran menyimpan keinginan untuk membela Timnas Indonesia U-16 suatu saat nanti. Ia berjanji akan berusaha mendapatkan restu dari Leganes U-16 guna membela negara.

"Pastinya kalau Timnas Indonesia U-16 memanggil, klub akan izinkan. Kan membela negara, tidak dipersulit," tuturnya.

Spanyol Leganes Syukran Arabia Samual
Posts

1.188

Bagikan