BolaSkor.com - Brighton and Hove Albion secara resmi merekrut kiper dari Ajax Amsterdam Kjell Scherpen. Kiper asal Belanda itu langsung meraih predikat kiper paling jangkung di Premier League saat ini.

Kiper berusia 21 tahun tersebut telah bermain sebanyak empat kali dengan Ajax pada musim 2020-2021. Kini di Brighton Scherpen akan bersaing dengan Robert Sanchez untuk menjadi kiper utama.

“Kami senang menyambut Kjell. Dia adalah pemain yang telah kami pantau untuk waktu yang lama dan kami melihatnya sebagai pemain dengan banyak atribut yang tepat,” tutur manajer Brighton Graham Potter dikutip dari Sports Mail.

Baca Juga:

Demi Gabung PSG, Sergio Ramos Tolak Tawaran Menggiurkan Arsenal

5 Hal Menarik Mengenai Nuno Tavares, Bek Anyar Arsenal

Arsenal Saingi Juventus Buru Manuel Locatelli

“Selain posturnya, dia adalah seseorang yang kami pikir akan bekerja sangat keras untuk meningkatkan semua aspek permainannya saat dia sudah beradaptasi dengan sepak bola Inggris,” tambah sang manajer.

Dengan tinggi sekitar 2,04 meter, Scharpen bergabung dalam daftar pemain jangkung yang pernah tampil di Premier League. Tingginya sejajar dengan eks kiper Manchester City Costel Pantilimon dan striker Pantai Gading Lacina Traore yang pernah memperkuat Everton.

Scherpen telah mewakili negaranya di level U-19 dan U-21 serta telah menjadi incaran Albion selama beberapa waktu karena mereka ingin memiliki pelapis mumpuni dari Robert Sanchez. Sepeninggal Mat Ryan musim lalu yang pindah ke Real Sociedad, Graham Potter membutuhkan penjaga gawang baru.

Scherpen memulai kariernya bersama FC Emmen. Dia melakukan debut di musim 2017-18, bermain sekali saat Emmen memenangkan promosi ke Eredivisie untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Pada musim perdana di Eredivisie bersama Emmen pada 2018-19, Scherpen menjadi pilihan pertama dan bermain dalam 34 pertandingan. Dia memecahkan rekor Belanda sebagai kiper muda dengan penampilan terbanyak.

Scherpen berganti klun setelah ajax bersedia membayar 1,3 juta poundsterling. Dia menandatangani kontrak empat tahun dengan raksasa Belanda. Keputusan Ajax mendatangkan Scherpen sempat menjadi kontroversial. Pasalnya Scherpen pernah membuat pernyataan untuk mendukung Feyenoord, rival yang dibenci Ajax.

Tak pelak pendukung Ajax menggelar kampanye untuk menghentikan klub mengontrak Scherpen. Pada akhirnya kontroversi mereda dan Scherpen resmi berkostum Ajax.

Scherpen menghabiskan 2019-20 di belakang Bruno Varela dan Dominik Kotarski dan tidak mencatat satu pun penampilan tim utama. Pada 2020-21, Scherpen dipromosikan menjadi kiper nomor dua Ajax.

Dia sempat empat kali menggantikan Maarten Stekelenburg. Dia bermain dua kali di Eredivisie, sekali di Liga Europa, dan sekali di Piala Belanda. Dia juga bermain 29 kali untuk Ajax U-21.