Klarifikasi Misteri Hilangnya Rekaman Audio VAR di Laga Inter vs Juventus

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 07 Mei 2020
Klarifikasi Misteri Hilangnya Rekaman Audio VAR di Laga Inter vs Juventus
Daniele Orsato (kiri) ketika memimpin laga Inter Milan vs Juventus. (Twitter)

BolaSkor.com - Kepala penunjukan Wasit Serie A, Nicola Rizzoli bereaksi terkait tudingan miring hilangnya sebuah rekaman percakapan VAR di laga Inter Milan kontra Juventus pada musim 2018-2019. Menurutnya rekaman yang dimaksud tidak pernah ada.

Permasalahan ini berawal dari tuduhan mantan jaksa FIGC, Giuseppe Pecoraro terkait adanya kecurangan pada pertandingan tersebut. Ia menyoroti keputusan wasit Daniele Orsato menanggapi pelanggaran Miralem Panic kepada Rafinha pada menit ke-57.

Pecoraro merasa Pjanic layak diganjar kartu kuning kedua akibat aksinya tersebut. Namun hal itu tidak dilakukan wasit dan secara tidak langsung membantu Juventus memenangi laga dengan skor 3-2.

Masalahnya, hasil pertandingan ini cukup menentukan langkah Juventus dalam persaingan menuju tangga juara. Saat itu Bianconeri tengah bersaing ketat dengan Napoli.

Baca Juga:

Misteri Hilangnya Rekaman Audio Insiden Miralem Pjanic Melanggar Rafinha

Tak Takut Virus Corona, Bek Lazio Minta Serie A Dilanjutkan

Antonio Cassano Buat Onar di AC Milan demi Gabung Inter Milan

Pecoraro coba menyelidikinya dengan meminta data rekaman percakapan wasit pada pertandingan tersebut kepada AIA (Asosiasi Wasit Italia) dan operator Serie A. Namun rekaman yang dimaksud tidak ditemukannya.

Tuduhan itu kini dibantah Rizzoli. Menurutnya, rekaman itu tidak pernah ada dan bukan tanggung jawab komisi wasit.

"Pecoraro meminta rekaman percakapan VAR laga Inter Milan vs Juventus secara lengkap. Perlu saya tegaskan bahwa rekaman lengkap itu memang tidak dibuat dan AIA tidak memiliki rekaman lengkap ini," kata Rizzoli kepada Sky Sports Italia.

"Protokol VAR di Serie A menyebut bahwa hanya beberapa percakapan saja yang direkam dan rekaman ini tidak dibuat oleh wasit. Rekaman ini dibuat oleh tim teknikal dari Lega Serie A."

Rizzoli menyebut percakapan wasit yang direkam hanya saat mengeluarkan kartu merah atau memberikan hukuman penalti. Jadi tidak adanya rekaman insiden Pjanic dan Rafinha adalah sesuatu yang wajar.

Kinerja wasit memang kerap menjadi sorotan di Italia apalagi jika nama Juventus terseret. Kasus Calciopoli yang meledak pada tahun 2006 membuat kepercayaan publik terhadap wasit menjadi hilang dan hingga kini masih belum pulih sepenuhnya.

Serie a Inter Milan Juventus Miralem pjanic Rafinha Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan