BolaSkor.com - Kontingen Indonesia untuk sementara berada di peringkat ketiga klasemen perolehan medali SEA Games 2019 Filipina, Kamis (5/12) malam WIB. Kontingen Indonesia masuk tiga besar setelah mengumpulkan 28 medali emas, 36 perak, dan 40 perunggu.

Naiknya posisi Indonesia yang semula berada di posisi lima tidak lepas dari banyaknya medali yang diraih pada Kamis (5/12), dengan 11 emas, sembilan perak, dan 11 perunggu.

Baca Juga:

SEA Games 2019: Kalahkan Myanmar, Tim Putra Indonesia Juara Sepak Takraw

SEA Games 2019: Ruselli Hartawan Kalahkan Unggulan Keempat, Firman Angkat Koper

Dengan pencapaian itu kontingen Indonesia menggeser Singapura ke posisi empat dengan raihan 26 emas, 19 perak dan 27 perunggu. Posisi lima ditempati Malaysia dengan raihan 23 emas, 16 perak dan 24 perunggu.

Posisi puncak masih dikuasai tuan rumah Filipina dengan raihan 64 medali emas, 45 perak dan 35 perunggu. Sedangkan posisi kedua diduduki Vietnam dengan 31 emas, 36 perak dan 41 perunggu.

Kesebelas medali emas yang diraih Indonesia datang fari cabor modern penthatlon yang menyumbangkan dua dari nomor women beach laser run dan men beach laser run.

Raihan tersebut disusul pencak silat yang menyumbang medali emas melalui nomor tarung kelas A putri. Cabor menembak kembali menjadi penyumbang medali emas, kali ini melalui mixed 10 m air rifle dan benchrest air rifle.
Sementara cabor sepeda akhirnya mengakhiri paceklik medali emas dari nomor road race mens ITT (International Time Trial).

Judo tak ketinggalan memberikan dua emas dari mens 73 kg dan women 57 kg. Lalu disusul keberhasilan tim sepak takraw putra, boling, dan Sambo.

Berikut klasemen sementara perolehan medali SEA Games 2019.

Laman resmi SEA Games 2019 belum memperbarui raihan medali hingga pukul 23.30 WIB, termasuk medali emas ke-28 Indonesia dari cabor judo lewat Ni Kadek Anny Pandini