BolaSkor.com - SEA Games 2019 sudah memasuki hari ketiga di Filipina. Kontingen Indonesia menambah perolehan medali emas di hari Selasa (03/12) sebanyak enam medali. Keenam medali emas itu datang dari cabang olahraga (cabor) Wushu, menembak, pencak silat, angkat besi, dan senam artistik.

Edgar Xavier Marvelo, atlet wushu Indonesia, mempersembahkan dua emas melalui nomor taolu kombinasi daoshu dan gunshu. Atlet yang berasal dari DKI Jakarta itu mengoleksi 9,68 poin. Kemenangan itu dipersembahkannya untuk mendiang ayahnya, Lo Tihiang Meng, yang meninggal dunia beberapa jam sebelum laga final.

"Dua medali emas, untuk ayah. Sebelum alat bantu dicopot, saya ada ngomong juga sama mama papa, kalau saya janji akan melakukan ini untuk papa." ucap Edgar melalui akun Instagram.

Baca Juga:

SEA Games 2019: Bowling, Ice Skating, dan Senam Tambah 4 Medali untuk Indonesia

Ungkapan Edgar Xavier Marvelo Usai Persembahkan Dua Emas SEA Games 2019 untuk Mendiang Sang Ayah

SEA Games 2019: Catur, Wushu, dan Angkat Besi Tambah Raihan Medali Indonesia

Berlanjut ke cabang senam artistik. Rifda Irfanaluthfi meraih medali emas pada nomor vault putri. Ini jadi medali kedua Rifda setelah sebelumnya meraih medali perak. Rifda meraih 13.484 poin dan mengungguli Tan Ing Yueh, atlet Malaysia, dalam merebutkan medali emas tersebut.

Sementara untuk tiga medali emas lainnya dimenangi oleh Puspa Arum Sari (pencak silat), Deni (angkat besi), dan Rafika Toyyiba Vudya (menembak). Alhasil, Indonesia kini masih berada di peringkat empat klasemen perolehan medali SEA Games 2019.

Indonesia mengoleksi 50 medali: 12 medali emas, 20 medali perak, dan 18 perunggu. Di atas Indonesia adalah tuan rumah, Filipina (94 medali), Vietnam (75 medali), dan Malaysia (36 medali). Malaysia di atas Indonesia karena meraih perolehan medali emas lebih banyak.

Rinciannya, Filipina mengoleksi 47 medali emas, 30 medali perak, dan 17 medali perunggu. Lalu Vietnam meraih 23 medali emas, 27 medali perak, dan 25 medali perunggu. Kemudian Malaysia meraih 17 medali emas, lima medali perak, dan 14 medali perunggu.

Berikut perolehan medali di hari ketiga SEA Games 2019, Selasa (03/12) hingga pukul 21.00 WIB

Perolehan medali SEA Games (istimewa)

Laporan Langsung BolaSkor.com/Andhika Putra dari Filipina