Klasemen Olimpiade Tokyo 2020: Indonesia Tambah Satu Medali dari Angkat Besi

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 28 Juli 2021
Klasemen Olimpiade Tokyo 2020: Indonesia Tambah Satu Medali dari Angkat Besi
Rahmat Erwin Abdullah (NOC Indonesia)

BolaSkor.com - Olimpiade Tokyo 2020 telah memasuki hari kelima. Persaingan sengit di papan klasemen sementara sudah terjadi ketat di tiga besar yang saat ini diperebutkan Jepang (tuan rumah), China, dan Amerika Serikat.

Jepang memimpin klasemen dengan raihan 13 medali emas, empat medali perak, dan lima medali perunggu. China menyalip dengan 12 emas, 6 perak, dan 9 perunggu, dan Amerika Serikat di urutan tiga dengan 11 emas, 11 perak, dan 9 perunggu.

Baca Juga:

Kisah Windy Cantika Menuju Medali, dari Tertimpa Barbel hingga Kurang Pemanasan

Olimpiade Tokyo 2020: Lalui Rubber Game, Jonatan Christie Susul Anthony Ginting

Olimpiade Tokyo 2020: Anthony Ginting Melaju Mulus ke-16 Besar

Teranyar dari cabor angkat besi, China mendapatkan satu medali emas melalui atletnya Shi Zhiyong. Shi memenangi nomor angkat besi 73 kilogram putra dan total mengangkat beban sebesar 364 kilogram - rekor dunia.

Sementara itu dari peringkat negara-negara ASEAN (Asia Tenggara), hanya Filipina dan Thailand yang berada di atas Indonesia. Filipina ada di urutan 28 dengan raihan satu medali emas, diikuti Thailand di urutan yang sama dengan raihan satu medali emas.

Indonesia yang sebelumnya ada di urutan 36 turun ke-39 dengan catatan satu medali perak dan dua perunggu. Adapun tambahan satu perunggu datang dari cabor angkat besi pada nomor 73 kilogram angkat besi putra.

Rahmat Erwin Abdullah

Rahmat Erwin Abdullah mengangkat total beban 342 kilogram dan sukses memenangi medali perunggu. Keberhasilan Indonesia menambah perolehan medali itu sebelumnya juga datang dari cabor angkat besi.

Sebelum Rahmat Erwin ada Eko Yuli Irawan yang memenangi medali perak, serta medali perunggu yang sukses diraih oleh Windy Cantika Aisah. Eko turun di kelas 61 kilogram dan Windi di kelas 49 kilogram.

Kans Indonesia untuk memenangi medali juga masih terbuka lebar di cabor bulutangkis, sebab tiga perwakilan tunggal yakni: Gregoria Mariska, Anthony Sinisuka Ginting, dan Jonatan Christie sukses lolos ke fase gugur.

Sementara dari nomor ganda ada Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Giedon serta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang masih berpatisipasi, sedangkan pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktaviani kandas oleh Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang menempati urutan satu dunia.

Berikut klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020, Rabu (28/07):

1. Jepang: 13 emas, 4 perak, 5 perunggu
2. China: 12 emas, 6 perak, 9 perunggu
3. Amerika Serikat: 11 emas, 11 perak, 9 perunggu
4. ROC: 7 emas, 10 perak, 6 perunggu
5. Australia: 6 emas, 1 perak, 9 perunggu
6. Britania Raya: 5 emas, 6 perak, 5 perunggu
7. Korea Selatan: 4 emas, 2 perak, 5 perunggu
8. Jerman: 3 emas, 2 perak, 5 perunggu
9. Prancis: 3 emas, 2 perak, 3 perunggu
10. Belanda: 2 emas, 6 perak, 3 perunggu
-
-
-
-
39. Indonesia: 0 emas, 1 perak, 2 perunggu

Breaking News Olimpiade Olimpiade Tokyo 2020 Angkat Besi Bulu Tangkis
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan