KLB Dinilai Bisa Rusak Fokus PSSI dan Polisi Berantas Pengaturan Skor

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 29 Januari 2019
KLB Dinilai Bisa Rusak Fokus PSSI dan Polisi Berantas Pengaturan Skor
Kongres Tahunan PSSI di Bali. (BolaSkor.com/Muhammad Adiyaksa)

BolaSkor.com - PSSI tidak memikirkan isu dorongan Kongres Luar Biasa (KLB) untuk membenahi tata kelola sepak bola nasional setelah ‘badai’ pengaturan skor. PSSI fokus melanjutkan program-program kerja 2019 sesuai dengan hasil keputusan Kongres Tahunan PSSI di Bali, 20 Januari kemarin.

Justru KLB dinilai bakal menghambat sinergi antara antara Tim Satgas (Satuan Tugas) Anti Mafia Bola Polri dan PSSI. PSSI menilai, KLB bukan solusi untuk mengatasi fenomena manipulasi pertandingan di semua level kompetisi.

“Isu dorongan KLB tidak bermutu. KLB malah merusak konsentrasi kami dan satgas memerangi pengaturan skor,” kata Sekretaris Umum Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur, Amir Burhanuddin kepada wartawan, Selasa (29/1).

Baca Juga:

Gusti Randa Persilakan Politikus Maju Jadi Ketum PSSI, Cak Imin Tidak Memenuhi Syarat?

Pengaturan Skor Sepak Bola Dinilai Kejahatan Lunak

Edi Sayudi Jabat Ketua Asprov PSSI Jateng Gantikan Johar Lin Eng

Amir melanjutkan, KLB bukan termasuk agenda dan program kerja PSSI di 2019. “Salah satu program kami membangun sinergi antara PSSI dengan satgas. Biarkan periode ini bekerja memberantas pengaturan skor sampai 8 bulan ke depan , bukan dengan KLB."

Seruan agar KLB berhembus dari Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN). Menurut KPSN, KLB menjadi jalan keluar untuk menyapu bersih otak pelaku match fixing di lingkaran PSSI.

Menanggapi permintaan KPSN ini, Amir tegas menolak. Terlebih, KPSN itu kelompok di luar PSSI. “KPSN itu apa, kok desak-desak segala. Biarkan saja, kalau kelompok mereka ingin menggelar KLB dengan organisasi sendiri. Kami (PSSI) tidak memiliki urusan dengan KPSN,” sentil Amir.

Dorongan KLB sempat terlontar dari pentolan tokoh sepak bola nasional Umuh Muchtar. Manajer tim papan atas Persib Bandung ini terang-terangan mendorong KLB pada Kongres Tahunan di Bali, awal Januari lalu.

Ya, nanti tunggu dulu. Nanti saya harus bicara sama kawan-kawan semua," kata Umuh mengenai kemungkinan mengkoordinir KLB.

Pssi Match Fixing Kongres tahunan pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.008

Bagikan