Klub China Punya Aset Lebih Besar dari Real Madrid dan Manchester United

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Jumat, 20 Juli 2018
Klub China Punya Aset Lebih Besar dari Real Madrid dan Manchester United
Guangzhou Evergrande. (Xinhuanet)

BolaSkor.com - Situs Soccerex merilis daftar klub sepak bola dengan aset terbesar di dunia. Menariknya, klub asal China, Guangzhou Evergrande, berada di atas Real Madrid dan Manchester United.

Daftar tersebut diambil Soccerex dengan sejumlah metodologi. Situs itu memang memfokuskan diri terhadap keuangan dan bisnis sepak bola.

Terdapat lima variabel yang digunakan Soccerex untuk mengeluarkan data tersebut. Kelima variabel itu adalah: aset pemain, aset tetap (stadion dan lain-lain), uang di bank, kemungkinan investasi tambahan dari pemilik, dan utang bersih.

Dari kelima variabel tersebut, Manchester City mengumpulkan nilai tertinggi. Klub milik Sheikh Mansour tersebut menorehkan 4883 poin.

Kejutan terjadi pada peringkat keempat yang dihuni Guangzhou Evergrande. Klub itu memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan klub-klub top Eropa.

Padahal, Barcelona saja tidak masuk ke dalam 10 besar daftar tersebut. Juara LaLiga dan Copa del Rey 2017-2018 itu hanya menempati peringkat ke-13.

Kesebelasan asal Inggris mendominasi 10 besar daftar yang dirilis Soccerex tersebut. Secara keseluruhan, terdapat lima kesebelasan Premier League.

Berikut ini adalah 10 besar klub sepak bola dengan aset paling besar:

1. Manchester City (Inggris) 4883 poin
2. Arsenal (Inggris) 4559 poin

Manchester United Real Madrid China Liga china Guangzhou Evergrande Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan