Klub-klub Spanyol Bertumbangan di Liga Champions, Xabi Alonso Buka Suara

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 27 Oktober 2022
Klub-klub Spanyol Bertumbangan di Liga Champions, Xabi Alonso Buka Suara
Barcelona (Twitter)

BolaSkor.com - Real Madrid merupakan Raja Eropa adalah satu fakta yang tak terbantahkan lagi. 14 trofi Liga Champions yang menjadikan Los Blancos sebagai tim peraih titel Liga Champions terbanyak sudah membuktikannya.

Terutamanya di musim lalu ketika Madrid memenangi titel Liga Champions dengan mengalahkan Liverpool di final (1-0). Madrid mengangkat nama sepak bola Spanyol tetap dipertimbangkan sebagai kekuatan besar di Eropa.

Akan tapi hal itu tidak mengubah fakta juga bahwa adanya penurunan sepak bola Spanyol di Eropa dan itu terlihat musim ini. Di antara empat klub Spanyol yang bermain di Liga Champions hanya Madrid yang lolos ke fase gugur.

Tiga klub lainnya gagal lolos yakni Atletico Madrid, FC Barcelona, dan Sevilla. Peluang terbesar ketiga klub itu adalah finish di urutan tiga grup dan turun kasta bermain di Liga Europa.

Baca Juga:

Hasil Liga Champions: Liverpool dan Inter Pesta Gol, Barcelona Dipermalukan Bayern Munchen

Julian Nagelsmann: Bayern Munchen Lebih Bagus Tanpa Robert Lewandowski

Daftar 12 Tim yang Sudah Menyegel Tiket 16 Besar Liga Champions, Ada Jagoan Kamu?

Xabi Alonso, legenda sepak bola Spanyol, cukup berandil karena ia saat ini melatih Bayer Leverkusen dan menahan imbang Atletico dengan skor 2-2 hingga Atletico tak lolos ke fase gugur. Alonso turut mengomentari dekadensi sepak bola Spanyol di Eropa.

Sebagai figur yang pernah merasakan puncak dari kejayaan Spanyol di Eropa dan dunia, kala menjadi juara Piala Dunia dan Eropa dengan timnas Spanyol, Alonso cukup berpengalaman melihat perkembangan sepak bola di sana.

Menurutnya, penilaian mengenai sepak bola Spanyol tidak bisa dilihat hanya dari satu musim. Selain itu ada aspek lain juga di mana liga-liga lain juga berkembang.

"Mengevaluasi hal-hal berdasarkan satu musim tidak adil, pertumbuhan negara lain sangat penting dan terkadang kami banyak fokus pada Spanyol, tetapi di luar negeri mereka melakukan hal-hal dengan sangat baik. Anda melihat tim lain yang kami mainkan setiap minggu dan mereka berada di level yang hebat," terang Alonso dikutip dari Football-Espana.

"Kualitas sepak bola Spanyol tidak perlu dipertanyakan lagi, dilihat dengan kekaguman. Tahun ini, fakta bahwa hanya satu dari empat yang telah berlalu berarti ada sesuatu yang salah, tetapi saya tidak akan membahasnya, saya sudah cukup dengan pekerjaan saya sendiri."

Liga Champions Real Madrid Barcelona FC Barcelona Atletico Atletico Madrid Sevilla
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.167

Bagikan