BolaSkor.com - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi membuka bursa transfer Liga 1 2020 periode kedua, terhitung dari 21 September 2020 sampai dengan 18 Oktober 2020. 18 klub tidak boleh sembarangan dalam mendatangkan pemain.

PSSI dan PT LIB melarang tim Liga 1 untuk mendatangkan pemain asing dari sesama peserta kompetisi. Dengan kata lain, setiap tim yang ingin mendatangkan pemain asing baru harus pemain yang belum terdaftar di klub kontestan Liga 1 2020.

FIFA pun telah mengabulkan permintaan PSSI yang ingin menggeser kalender Transfer Matching System (TMS) dari 20 Juli-19 Agustus ke 21 September-10 Oktober. Namun, para pemain asing baru bisa bermain pada 1-23 Desember 2020, karena PT LIB membuka bursa transfer kedua kompetisi pada periode tersebut.

Sedangkan, kuota pemain asing di setiap klub masih tidak berubah. Setiap tim Liga 1 diperbolehkan memiliki tiga pemain asing non Asia dan satu pemain merupakan anggota AFC.

Peraturan ini tertulis pada regulasi baru tahun 2020 yang sudah disampaikan pada managers meeting, Senin (21/9). Soal transfer ini ada pada Pasal 24 A tentang Periode Pendaftaran Transfer Match System (TMS) dan Pasal 25 mengenai Pendaftaran Pemain.

Baca Juga:

Persebaya Minta Waktu Seminggu untuk Tentukan Markas pada Lanjutan Liga 1 2020

Hasil Managers Meeting: PT LIB dengan 18 Klub Sepakat dalam Semua Hal Lanjutan Liga 1 2020

"Klub hanya boleh merekrut pemain asing baru yang belum pernah terdaftar di klub Liga 1 lainnya yang didaftarkan pada periode pendaftaran tahap pertama," demikian bunyi ayat keempat Pasal 24 A.

"Pada periode pendaftaran pemain kedua klub tidak diperbolehkan melakukan pencabutan pemain atau transfer pemain dengan klub Liga 1 lainnya," tulis ayat ketiga Pasal 25.

Sementara itu, aturan pemain lokal hampir sama. Merujuk dari Pasal 25 ayat keempat, klub Liga 1 juga tidak diperbolehkan untuk mendatangkan pemain lokal dari kontestan Liga 2 2020.

"Pada periode pendaftaran kedua, klub hanya boleh melakukan penambahan pemain lokal dan asing baru sesuai dengan kuota pendaftaran yang masih tersedia, yang bukan berasal dari klub Liga 1 dan klub Liga 2," lanjut ayat keempat Pasal 25 regulasi Liga 1.