BolaSkor.com - Klub Liga 2 2020 memang mayoritas meminta kompetisi kasta kedua sepak bola Indonesia tersebut disetop. Ini lantaran pandemi Virus Corona (COVID-19) yang tak kunjung membaik di Indonesia.

Meski begitu, ada beberapa klub Liga 2 yang meminta kompetisi dilanjutkan dengan protokol kesehatan. Namun, PSSI belum menentukan nasib Liga 1 dan Liga 2 2020.

Manajer Sriwjaya FC, Hendri Zainuddin, akan menerima keputusan PSSI terkait nasib kompetisi, meskipun pihaknya meminta Liga 2 disetop.

"Kami tetap mengajukan usul stop kompetisi tanpa ada turnamen pengganti dalam rapat virtual pada Jumat (29/5). Namun, kalau PSSI memutuskan untuk lanjut, ya kami akan mengikutinya," ujar Hendri dikutip dari Antara.

Baca Juga:

PSSI Berkomitmen Tetap Lindungi Klub jika Kompetisi Kembali Lanjut atau Setop

Protokol Kesehatan jika Kompetisi Lanjut Versi Dokter Timnas Indonesia

Hal senada juga dinyatakan oleh Manajer Perserang Serang Babay Karnawi. Menurut Babay, protokol kesehatan harus benar-benar ditegakkan di semua tempat pelaksanaan laga.

"Kalau kompetisi lanjut, kami ingin semua daerah juga harus siap dalam hal perizinan dan protokoler kesehatnnya. Saat ini tiap daerah berbeda tingkat persebaran COVID-19. Kalau kompetisi tidak lanjut, bagi kami selaku klub dapat mengerti dengan situasi saat ini," kata Babay.

PSSI menghentikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 dengan status force majeure sampai tanggal 29 Mei 2020. Jika status tanggap darurat Virus Corona (COVID-19) diperpanjang Pemerintah Republik Indonesia, kompetisi dihentikan. Jika tidak, kompetisi dilanjutkan setelah 1 Juli 2020.

PSSI pun kini sudah meminta saran klub Liga 1 2020, Asosiasi Pelatih Sepak bola Seluruh Indonesia (APSSI) dan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI), dan klub Liga 2 2020 terkait nasib kompetisi.

Hasilnya, APPI dan APSSI ingin kompetisi dilanjutkan. Para klub Liga 1 dan Liga 2 2020 terpecah dalam beberapa opsi. Namun, mayoritas menginginkan kompetisi disetop.

Seluruh pendapat akan dibawa ke rapat Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Namun, PSSI belum menentukan kapan rapat Exco itu berlangsung. Nantinya, PSSI yang akan menentukan nasib kompetisi.