BolaSkor.com - Kabar mengejutkan datang dari Asia Tenggara, tepatnya Vietnam. Bukan tanpa alasan, klub Vietnam, Hoang Anh Gia Lai (HAGL), mengalahkan popularitas kesebelasan top Eropa seperti Arsenal dan Bayern Munchen.

Sepanjang Februari 2019, situs Deportes & Finanzas melakukan penelitian terhadap klub sepak bola di seluruh dunia. Akun YouTube menjadi sarana penelitian tersebut.

Deportes & Finanzas menjadikan total penonton di YouTube selama satu bulan sebagai tolok ukur. Hasilnya cukup mengejutkan karena ada dua klub asal Vietnam di 20 besar.

Baca Juga:

Hasil Undian Perempat Final Liga Europa: Arsenal Tantang Napoli, Chelsea Bersua Slavia Praha

Bayern Munchen 1-3 Liverpool: The Reds Lengkapi Kuartet Inggris

Jumlah Penonton YouTube. (Deportes & Finanzas)

Pertama adalah HAGL yang menempati peringkat kedelapan. Total konten HAGL di YouTube dilihat sebanyak 5,59 juta sepanjang Februari 2019.

Jumlah itu hanya kalah dari tujuh klub top Eropa. Ketujuhnya adalah Barcelona, Manchester United, Manchester City, PSG, Liverpool, Juventus, dan Real Madrid.

Jumlah penonton konten HAGL itu lebih banyak dibandingkan beberapa klub top Eropa. Arsenal hanya menempati peringkat ke-12 dan Bayern Munchen ke-16 daftar tersebut.

Mengejutkannya lagi, Bayern Munchen bukan hanya kalah dari HAGL. Die Roten mengumpulkan 4,21 juta penonton, masih kalah dari klub Vietnam lain, Hanoi FC, yang ditonton 4,30 juta kali.

HAGL sendiri dua kali memenangi Liga Vietnam, tepatnya pada 2003 dan 2004. Sayangnya mereka terseok-seok saat ini setelah hanya mengumpulkan tiga poin dari tiga pertandingan.