BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali. Pertemuan ini berlangsung di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta, Jumat (22/5).

Dalam pertemuan itu ada dua pembahasan penting. Pertam, laporan PSSI kepada Pemerintah RI notabenenya Menpora Zainudin Amali, terhadap persiapan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Kedua, kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 di masa pandemi Virus Corona (COVID-19).

Menpora Zainudin Amali seperti memberikan kode agar kompetisi bisa dilanjutkan kembali dengan protokol kesehatan. Ia menekankan kompetisi sangat perlu untuk persiapan Timnas Indonesia di ajang internasional.

“Tapi, pemerintah sudah menegaskan, kita harus hidup berdampingan dengan Corona. Protokol kesehatan akan dijalankan sangat ketat, tapi pemulihan ekonomi termasuk kegiatan olahraga akan mulai menyesuaikan. Kata kuncinya, kita harus tetap produktif di saat pandemi,” kata Zainudin, dalam rilis yang diterima BolaSkor.com.

Baca Juga:

Ketum PSSI Lapor Persiapan Piala Dunia U-20 ke Menpora, Pemerintah Tekankan Hal Ini

FIFPro Kritik PSSI soal Kebijakan Potong Gaji Pesepak Bola Profesional di Liga 1 dan Liga 2

“Saya dengar klub-klub maunya kompetisi berhenti saja, tapi bagaimana kemudian dengan persiapan Timnas? Kita tahu Timnas Senior Oktober akan main di Pra (Kualifikasi) Piala Dunia (2022) yang akan menentukan peringkat Indonesia di FIFA. Demikian pula Timnas U-16 di Piala AFC (Asia) serta tentu saja Timnas U-19/U-20 untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021,” tambahnya.

Agenda padat memang menanti Timnas Indonesia Senior hingga Junior. Timnas Indonesia Senior harus menghadapi sisa laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam pada Oktober 2020. Lalu menghadapi Piala AFF 2020 pada November 2020.

Timnas Indonesia U-16 menghadapi Piala Asia U-16 pada bulan September 2020. Timnas Indonesia U-19 juga harus berlaga di Piala Asia U-19 pada bulan Oktober 2020. Belum lagi Timnas Indonesia U-19/U-20 menggelar persiapan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Saat ini, PSSI masih menunggu status darurat Virus Corona dari Pemerintah Republik Indonesia. Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dihentikan dengan status force majeure sampai 29 Mei 2020.

Jika pada 29 Mei, Pemerintah Republik Indonesia memperpanjang status darurat maka kompetisi dihentikan. Jika tidak dan kondisi kondusif, kompetisi akan kembali berlanjut setelah 1 Juli 2020.