KOI Tunggu Usulan Cabor soal Protokol Olahraga

Andhika PutraAndhika Putra - Selasa, 09 Juni 2020
KOI Tunggu Usulan Cabor soal Protokol Olahraga

BolaSkor.com - Komite Olahraga Indonesia (KOI) mulai bergerak cepat dalam menyikapi situasi New Normal di masa pandemi virus corona. KOI menunggu usulan dari setiap cabang olahraga mengenai protokol kesehatan yang diterapkan.

Nantinya, usulan dari cabang olahraga akan dikolaborasikan dengan anjuran dari Internasional Olympic Committee(IOC), Olympic Council of Asia (OCA). Penyampaian protokol kesehatan ditunggu hingga dua minggu ke depan.

“Baik tata pelaksanaan latihan, tata kelola venue, atau tata kelola lainnya. Atau misalnya cabor ini ingin menjadi penyelenggara. Nah itu yang coba kami minta ke mereka (cabor), lalu menjadi rujukan kepada kami untuk pemerintah," kata ketua KOI, Raja Sapta Oktohari, kepada pewarta.

Baca Juga:

Menpora Sebut Tantangan Terberat New Normal di Indonesia

Menpora Tunggu Gugus Tugas Soal Atlet Keluar-Masuk, Bagaimana Nasib Indonesia Open 2020?

KOI bisa saja menerapkan protokol kesehatan karena memiliki tim sport medical. Namun, Okto ingin setiap cabang olahraga mengajukan aturan masing-masing untuk ditinjau bersama.

“Karena yang paling tahu kebutuhan cabor adalah cabor itu sendiri. Selain itu, yang paham aturan dan tata caranya itu ya international federation-nya. Maka itu, kami minta kepada semua cabor untuk berkomunikasi dengan IF-nya untuk mendapat guidence, berangkat dari usulan itu kami melakukan kolaborasi dan kategorisasi guna menjadi rujukan dan kami sampaikan ke pemerintah," jelas Okto.

Protokol kesehatan yang diajukan ke KOI bukan hanya mengenai latihan. Setiap detil harus disertakan sebagai acuan.

“Dan protokol kesehatan ini bukan untuk proses latihan tapi ketika si atlet berangkat ke pertandingan, atau menjadi rekomendasi ketika kita menjadi tuan rumah," tegas Okto.

Breaking News Koi Indonesia Raja Sapta Oktohari Olimpiade
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan