BolaSkor.com - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso telah menyiapkan beberapa langkah yang akan dilakukan guna mengantisipasi dampak absennya pemain muda Koko Ari Araya. Bek kanan andalan Persebaya dan timnas Indonesia tersebut akan naik meja operasi, besok (26/7).

Seperti diketahui, Koko mengalami cedera saat bergabung dalam pemusatan latihan timnas Indonesia di Uni Emirat Arab (UEA) jelang lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022. Hasil medis memberikan diagnosa Koko mengalami cedera ACL (anterior cruciate ligament). Karena itu, Persebaya dan PSSI sepakat untuk membawa Koko Ari ke meja operasi.

Nah, perkiraan proses pemulihan pasca operasi akan memakan waktu enam bulan. Praktis, tenaga pemain 21 tahun tersebut tidak dapat digunakan Bajol Ijo dalam waktu dekat jika kompetisi Liga 1 2021/2022 bergulir.

Baca Juga:

Semua Aspek Kompetisi Siap, PT LIB Hanya Tunggu Lampu Hijau Pemerintah

Arema FC Menegaskan Aspirasi Tim dan Suporter

"Saya menyarankan Koko kalau bisa (segera operasi), karena masih muda, biar tidak trauma. Mungkin dia sendiri juga kepengen (segera main)," ucap Aji.

Pelatih asli Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut mengutamakan masa depan Koko sebagai pemain daripada mengorbankan untuk satu musim kompetisi. Aji mengatakan tidak akan menambah pemain. Maklum, opsi ini cukup sulit untuk dilakukan karena kick-off kompetisi, jika sesuai rencana PT Liga Indonesia Baru (LIB), sudah semakin dekat.

Alhasil, Aji Santoso bakal mengoptimalkan pemain lain untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Koko. Di sektor bek kanan, tim asal Kota Pahlawan ini masih memiliki Arizky Wahyu Satria.

Belum lagi pemain multi posisi seperti Mokhamad Syaifudin dan Frank Rikhard Sokoy. Nama terakhir bahkan telah dijajal pada gelaran turnamen pramusim Piala Menpora 2021 lalu.

"Kami coba beberapa pemain. Kalau nambah mungkin sudah telat," jelas pelatih 51 tahun tersebut.

Selain Koko, sejatinya Persebaya juga kehilangan gelandang Bruno Moreira Soares. Pemain asal Brasil tersebut mengalami cedera paha dalam. Dia diduga mendapat cedera karena saat pemanasan yang kurang sempurna. Berbeda dengan Koko yang butuh waktu lama untuk sembuh, Bruno Moreira diperkirakan akan sembuh dengan cepat. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)