BolaSkor.com - Kolombia telah kehilangan hak untuk menjadi tuan rumah Copa America 2021. Keputusan itu dikeluarkan kurang dari sebulan sebelum turnamen digelar.

Copa America 2021 adalah edisi yang ke-47. Turnamen ini awalnya akan digelar tahun lalu sebelum molor efek pandemi virus corona.

Konfederasi sepak bola Amerika Selatan (CONMEBOL) sejak jauh-jauh hari menetapkan Argentina dan Kolombia sebagai tuan rumah bersama Copa America 2021. Namun rencana tersebut kini telah dibatalkan.

Baca Juga:

Copa America 2011, Uruguay Pecahkan Rekor Ketika Argentina dan Brasil Melempem

Nostalgia - Awal Mula Lionel Messi dan Timnas Argentina Terjerat Kutukan Final

Undian Grup Copa America 2020, Argentina Satu Grup dengan Uruguay dan Chili

Copa America 2021

Situasi dalam negeri Kolombia yang memanas menjadi alasan utama keputusan ini. Dalam beberapa pekan terakhir, negara yang dipimpin Ivan Duque Marquez tersebut mengalami krisis kepercayaan dari rakyatnya sendiri yang berujung aksi unjuk rasa.

Konflik memanas di tiga kota yang rencananya akan menggelar sejumlah laga Copa America 2021. Korban jiwa yang terus bertambah membuat situasi kian tak kondusif.

Pemerintah Kolombia sempat meminta kepada CONMEBOL agar menunda Copa America 2021. Mereka tentu tak mau kehilangan haknya karena sudah mempersiapkan diri dengan matang.

Namun permintaan tersebut nyatanya tak disetujui CONMEBOL. Sulitnya menentukan jadwal yang kosong jadi alasan utama.

"Sehubungan dengan permintaan resmi pemerintah Kolombia untuk menjadwal ulang Copa America pada November, CONMEBOL menyatakan karena alasan terkait kalender kompetisi internasional dan logistik turnamen, maka Copa America 2021 tidak mungkin dipindahkan ke November," bunyi pernyataan resmi CONMEBOL.

"CONMEBOL dapat memastikan penyelenggaraan Copa America 2021 dan akan mengungkapkan dalam beberapa hari mendatang terkait pemindahan pertandingan yang dimainkan di Kolombia."

Dua Opsi

CONMEBOL menyiapkan dua opsi untuk merespons masalah ini. Salah satunya yaitu menjadikan Argentina sebagai tuan rumah tunggal turnamen.

Langkah ini terbilang realistis karena Argentina sudah terbiasa menggelar turnamen besar. Mereka juga memiliki banyak stadion dengan standar FIFA.

Opsi lain yaitu menunjuk tuan rumah baru pengganti Kolombia. Chile dan Paraguay menjadi kandidat terkuat untuk dipilih andai pilihan ini yang diambil CONMEBOL.

Copa America 2021 akan berlangsung pada 13 Juni hingga 10 Juli mendatang. Ini bisa menjadi Copa America terakhir Lionel Messi.