BolaSkor.com - Menurunnya ketajaman gol Erling Haaland dengan timnas Norwegia belakangan menjadi sorotan, meski begitu statusnya sebagai salah satu striker top Eropa tak pernah menjadi pertanyaan.

Erling Haaland (20 tahun) masih menjadi komoditas panas jelang bursa transfer musim dingin 2021. Saat ini Erling Haaland sudah membukukan 33 gol dari 31 laga dan memberikan delapan assists untuk Borussia Dortmund di seluruh kompetisi.

Barcelona menjadi salah satu klub yang tertarik kepada pemain dengan banderol 110 juta euro dan memiliki agen Mino Raiola. Blaugrana melihat Haaland sebagai striker ideal yang layak mengisi pos penyerang tengah sepeninggal Luis Suarez.

Menilik kualitas dan cara bermain Erling Haaland, eks pemain Molde dan Red Bull Salzburg itu memang memiliki kriteria yang dibutuhkan untuk bermain dengan Barcelona arahan Ronald Koeman.

Baca Juga:

Ingin Rekrut Haaland dan Mbappe Bersamaan, Madrid Korbankan Enam Pemain

Anomali Erling Haaland: Menggila di Klub, Melempem dengan Timnas Norwegia

Pengorbanan Barcelona untuk Rekrut Erling Haaland

Erling Haaland

Bermain bak robot

Haaland pernah mendeskripsikan dirinya bak replicants di film "Blade Runner" yang fokus pada target dan tidak pernah ragu. Haaland seperti replicants dengan caranya meneror pertahanan lawan dan mencetak gol, ia bak robot android.

"Dia (Haaland) sangat gila, tapi itulah yang menjadikannya sangat bagus," ucap mantan rekan setim Haaland, Max Wober.

Dengan tinggi badan 1,94 meter Haaland - seperti striker lainnya - punya keunggulan duel bola udara, dapat menjadi target man ideal kala menahan bola di lini depan, tapi ia berbeda dengan kebanyakan penyerang seperti itu.

Haaland tidak lambat dalam pergerakannya dan juga memiliki kecepatan berlari. Itu pernah diperlihatkannya kala memainkan serangan balik cepat dan ia berlari bak macan dari lini belakang, tengah, hingga akhirnya mencetak gol.

"Sejak Ronaldo Nazario tidak banyak pemain seeksplosif dalam pergerakan dan banyak kesabaran ketika menendang bola," demikian tulisan Didac Peyret di Sport-English.

"Dia bermain seperti halnya ketika berlatih, tak peduli apa yang dipertaruhkan. Ketika dia punya peluang mencetak gol maka ia selalu melakukannya," ucap rekan setim Haaland di Dortmund, Marco Reus.

Sudah tajam mencetak gol Haaland juga punya kekuatan fisik dan kecepatan yang mengerikan, tak heran saat ini namanya terus dibahas di Eropa bersama dengan striker PSG Kylian Mbappe yang diprediksi bersaing memenangi Ballon d'Or di masa depan.

Haaland memulai dengan lima gol dari 10 laga untuk Molde dan Salzburg pada musim 2018-2019, lalu kemudian melesakkan 44 gol dari 40 laga pada musim 2019-2020 bersama Salzburg dan Dortmund.