Komentar Jose Mourinho Menanggapi Hengkangnya Arsene Wenger dari Arsenal

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 21 April 2018
Komentar Jose Mourinho Menanggapi Hengkangnya Arsene Wenger dari Arsenal
Jose Mourinho sangat respek kepada Arsene Wenger (Getty Images)

BolaSkor.com - Tidak ada angin tidak ada badai, Arsene Wenger tiba-tiba menggegerkan dunia dengan sebuah pernyataan besar, bahwa dia akan meninggalkan Arsenal di akhir musim 2017/18. Satu tahun lebih cepat dari kontrak dua tahunnya.

Kepastian itu memastikan akhir dedikasi manajer asal Prancis berusia 68 tahun selama 22 tahun. Sejak melatih Arsenal dari tahun 1996, Wenger sudah memberikan banyak hal untuk klub dan juga sepak bola Inggris. Termasuk di antaranya, tiga titel Premier League dan tujuh titel Piala FA.

Selama 22 tahun melatih itu juga, Wenger melalui rivalitas panjang bersama dua manajer Manchester United. Satu yang telah pensiun, Sir Alex Ferguson, dan satu lagi manajer Red Devils saat ini, Jose Mourinho. Nama yang disebut terakhir bahkan pernah menyebut Wenger sebagai spesialis gagal, untuk merujuk puasa gelar Premier League Arsenal sejak terakhir meraihnya di tahun 2004.

Keduanya bahkan pernah saling dorong ketika Mourinho masih melatih Chelsea di area teknis. Ketika disindir kembali oleh awak media mengenai sikap dan ucapannya kepada Wenger, Mourinho pun memberikan pernyataan dengan lengkap, seraya menegaskan, bahwa ia sangat respek kepadanya.

"Ini bukan tentang penyesalan. Saya pikir pertanyaan Anda (media) tipikal pertanyaan dari seseorang yang bukan manajer dan pemain. Tentu saja, Anda tidak tahu cara kami menghargai satu sama lain, meski terkadang terlihat seperti kami tidak melakukannya. Pemain menerima kartu kuning dan merah karena berperilaku agresif satu sama lain, perang kata selama berkarier - manajer juga sama," terang Mourinho, dilansir dari The Telegraph, Sabtu (21/4).

"Apa yang paling terpenting bagi saya adalah cara saya menghargai seseorang, profesional, karier. Saya selalu berkata untuk mereka yang ingatannya pendek, tapi bagi kami, orang sepak bola - orang sepak bola yang sesungguhnya - tidak memiliki ingatan pendek. Saya tahu betul apa itu makna tiga titel Premier League dan tujuh Piala FA, apa yang dilakukannya di Jepang dan Prancis, yang dibawanya ke dalam sepak bola Prancis."

Man United masih akan melawan Arsenal musim ini di Old Trafford pada Minggu, 29 April 2018 pukul 22.30 WIB, di ajang Premier League. Mourinho pun percaya, dengan mengingat rivalitas Wenger dengan Ferguson serta persaingan Arsenal dan Man United di masa lalu, pihak klub akan memberikan penghargaan yang sangat pantas diterima Wenger.

"Jika dia bahagia saya bahagia, jika dia sedih saya sedih, saya selalu mendoakan lawan-lawan saya yang terbaik. Jika dia bahagia dengan keputusannya dan menatap masa depan untuk lembaran baru dalam karier dan hidupnya, saya benar-benar bahagia untuknya," imbuh Mourinho.

"Jika dia sedih saya sedih. Saya cukup yakin klub - dan terutamanya karena Tuan Wenger dan Arsenal selama bertahun-tahun menjadi rival terbesar era Sir Alex - kami akan menunjukkan Tuan Wenger respek yang pantas didapatnya," pungkas The Special One.

Arsenal Arsene Wenger Manchester United Jose Mourinho
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan