Komentar Jurgen Klopp Terkait Sorotan Media Atas Belanja Besar-besaran Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Senin, 23 Juli 2018
Komentar Jurgen Klopp Terkait Sorotan Media Atas Belanja Besar-besaran Liverpool
Jurgen Klopp dengan pemain Liverpool (Zimbio)

BolaSkor.com - Dana lebih dari 170 juta poundsterling sudah dihabiskan Liverpool di bursa transfer musim panas ini. The Reds menggunakannya untuk merekrut Fabinho, Naby Keita, Xherdan Shaqiri, dan Alisson Becker.

Dari keempatnya, Alisson jadi yang paling mencolok karena didatangkan seharga 75 juta euro dari AS Roma dan menjadikannya kiper termahal dunia. Harga itu kurang lebihnya sama dengan banyaknya uang yang dikeluarkan Liverpool untuk membeli Virgil van Dijk dari Southampton.

Belanja gila-gilaan Liverpool sampai mereka rela merogoh kocek dalam untuk satu pemain, menjadi sorotan tersendiri, khususnya dari publik dan media. Sorotan itu bukan khusus mengkritisi kebijakan transfer klub, melainkan komentar Jurgen Klopp yang pernah diucapkannya dua tahun silam.

"Klub-klub lain bisa belanja menghabiskan banyak uang dan mengoleksi pemain-pemain top, ya. Tapi, jika Anda mendatangkan satu pemain dengan harga 100 juta poundsterling atau apapun itu dan kemudian cedera, maka semua seakan sama," ucap Klopp di tahun 2016.

"Apakah saya harus melakukannya berbeda darinya? Sebenarnya, saya ingin melakukannya berbeda. Saya bahkan akan melakukannya berbeda jika saya bisa menghabiskan uang itu. Saya ingin semangat spesial tim - saya merasa ini tidak diperlukan, saya menginginkannya."

Kala itu Klopp menyindir Manchester United yang baru akan membeli Paul Pogba dari Juventus seharga 89 juta poundsterling, serta Manchester City kala ingin memboyong John Stones dari Everton.

Akan tapi, ibarat menjilat ludahnya sendiri, Klopp justru melakukan hal yang sama seperti Man United dan Man City di bursa transfer musim panas ini. Sontak dia langsung diincar media terkait ucapannya di tahun 2016.

"Itulah masalah, apapun kata-kata konyol yang Anda katakan, tidak ada satupun yang melupakannya. Opini itu (di tahun 2016) masih benar. Saya tidak bisa membayangkan dunia benar-benar bisa berubah. 100 juta poundsterling (untuk Pogba) merupakan angka yang gila, tapi, sejak saat itu dunia telah berubah," terang Klopp di Goal, Senin (23/7).

"Kami telah mendatangkan kiper termahal, akan ada transfer-transfer bagus (yang dilakukan klub lain). Ini bukan tentang memaksakan pemikiran saya dengannya dan tidak membelanjakan banyak uang, jika Liverpool tidak sukses maka kami harus bekerja."

"Guna meningkatkan skuat seperti ini membutuhkan banyak uang. Sejauh ini, tahun ini jadi tahun yang bagus untuk kami, cukup sukses musim lalu. Tetap, kami harus mengganti pemain - Emre Can pergi, transfer bagus mendatangkan Fabinho. Kami tidak peduli apa yang dipikirkan dunia, seperti Manchester United tida peduli apa yang saya pikirkan," urai Klopp.

Breaking News Liverpool Jurgen Klopp Bursa transfer
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan