Komisaris Persib Umuh Muchtar Meminta Kisruh Internal PT LIB Tidak Menjalar ke PSSI

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 10 Mei 2020
Komisaris Persib Umuh Muchtar Meminta Kisruh Internal PT LIB Tidak Menjalar ke PSSI
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar menunjukkan surat bebas dari sanksi PSSI. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Komisaris Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar mulai merasakan kekhawatiran dengan kondisi persepak bolaan Indonesia. Diawali dengan kisruh yang terjadi di internal PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Kisruh itu bahkan semakin memanas seiring munculnya surat kekecewaan yang ditunjukkan untuk Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri. Surat itu dikeluarkan Sudjarno (direktur operasional) Rudy Kangdra (direktur bisnis), dan Anthony Chandra Kartawiria (direktur keuangan), lalu dikirimkan kepada para pemegang saham PT LIB.

Mereka menganggap Cucu Somantri kerap melakukan keputusan sepihak. Seperti pengangkatan anak kandungnya, Pradana Aditya Wicaksana sebagai General Manager PT LIB.

Keputusan lainnya yang dianggap dilakukan oleh Cucu Somantri secara sepihak yaitu mengenai pemangkasan subsidi untuk klub-klub Liga 1 dan Liga 2 2020. Keputusan Cucu itu dituangkan dalam surat bernomor 187/LIB-COR/V/2020 yang ditujukan kepada PSSI.

Isi surat itu di antaranya menyinggung mengenai pembayaran subsidi sebesar 67 persen atas kontribusi tahap kedua klub Liga 1 dan Liga 2. Akibatnya, klub Liga 1 hanya mendapatkan Rp350 juta dari Rp520 juta termin yang semula dijanjikan. Sedangkan klub Liga 2 mendapatkan Rp100 juta dari awalnya Rp250 juta.

Ketiga staf ini lantas meminta kepada pemegang saham agar segera mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk meneliti lebih jauh pengaduan ini serta melakukan evaluasi terhadap kepengurusan Perseroan dan untuk mengambil langkah-langkah penyelamatan demi kebaikan Perseroan.

Baca Juga:

15 Klub Liga 1 2020 Layangkan Surat Tuntut RUPS Luar Biasa PT LIB

Arema FC Sepakati Sikap PSSI agar Subsidi Kompetisi Liga 1 Dibayarkan Utuh

"Di dalam lagi kusut, pro kontra, adu domba selalu ada. Jangan-jangan setelah Pak Cucu, nanti merembet ke yang lain supaya tetap ada kekisruhan dan nanti kembali ke zaman yang tidak jelas," kata Umuh saat dihubungi.

Umuh berharap permasalahan yang terjadi di internal PT LIB tidak menjalar ke PSSI. Sebab Umuh menilai induk organisasi sepak bola tanah air itu sedang bagus-bagusnya sejak ditangani Mochamad Iriawan.

"Pak Iwan sudah bagus dalam memimpin, mengeluarkan kebijakan-kebijakan, mengerti organisasi karena berpengalaman. Pak Iwan juga selalu ikut aturan dari pemerintah,"

"Ini baru, PSSI bisa bersama-sama dengan pemerintah, solid dengan Menpora. Menpora juga bagus, saya memuji dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Tidak sembarangan," katanya.

Karena itu, Umuh akan sangat menyayangkan apabila permasalahan ini membuat hubungan PT LIB dan PSSI tidak harmonis. Apalagi jika sampai berdampak pada kompetisi.

"Liga ini kan ditangani orang-orang profesional. Sekarang kalau tidak rukun sangat berbahaya. Kalau tidak sinkron, tidak akan maju. Terus ada yang ngegoreng dan nyulut jadinya tidak akan beres," katanya.

Baca Juga:

Arema FC Sepakati Sikap PSSI agar Subsidi Kompetisi Liga 1 Dibayarkan Utuh

COO Bhayangkara FC Berharap RUPS PT LIB Segera Dilaksanakan

Umuh berharap permasalahan ini segera terselesaikan dengan cepat. Yakni dengan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

"LIB harus segera mengundang semua klub agar mendapatkan masukan. Insya Allah kalau ada pertemuan saya akan hadir walaupun sibuk. Permasalahan ini harus segera diselesaikan walaupun masih dalam Covid-19,"

"Saya juga belum berkomunikasi lagi dengan Pak Iwan. Kalau bisa mendengarkan suara saya, insya Allah. Pak Cucu juga jangan diseret dan dilengserkan," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Umuh Muchtar PT Liga Indonesia Baru PT LIB Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.992

Bagikan