Komisaris Persib Umuh Muchtar Tanggapi Surat PT LIB soal Kelanjutan Liga 1 2020

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 30 April 2020
Komisaris Persib Umuh Muchtar Tanggapi Surat PT LIB soal Kelanjutan Liga 1 2020
Umuh Muchtar. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar angkat bicara terkait surat yang dikeluarkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengenai nasib Liga 1 2020.

Surat bernomor 182/LIB-COR/IV/2020 yang dikeluarkan pada Rabu (29/4) itu menyatakan bahwa PT LIB meminta masukan serta saran kepada seluruh klub Liga 1 maupun Liga 2 apabila pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperpanjang status darurat bencana wabah virus Corona (COVID-19). Semula akan berakhir hingga 29 Mei mendatang.

Menurut Umuh Muchtar, Persib hanya bisa pasrah dengan seluruh keputusan terkait nasib Liga 1 2020. Baik itu dilanjutkan maupun diberhentikan.

Pasalnya, kata Umuh, saat ini pandemi COVID-19 belum berakhir. Sehingga tidak ada cara lain untuk menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah.

Baca Juga:

PT LIB Tunggu Keputusan Resmi FIFA soal Pergantian Lima Pemain

LIB Buka Opsi Turnamen Pengganti Kompetisi, Keputusan Akhir di PSSI

"Kalau sekarang Liga diperpanjang (masa tunda) dari yang ditetapkan kemarin, tidak masalah. Kita ikuti saja. Karena kalau pun kita memaksakan, nanti bermain tanpa penonton," ungkap Umuh saat dihubungi, Kamis (30/4).

Umuh Muchtar tak menampik, laga tanpa penonton hanya akan membuat kerugian bagi klub. Sebab selama ini, pendapatan terbesar klub dari tiket yang dijual ke penonton.

"Kita juga harus mengeluarkan biaya untuk bisa menggelar pertandingan. Banyak biaya yang dikeluarkan," bebernya.

Karena itu, Umuh pasrah apabila PSSI maupun PT LIB memperpanjang masa tunda Liga 1 2020 yang sebelumnya ditetapkan hingga akhir Mei mendatang.

"Saya sih sebenarnya tidak masalah pertandingan tanpa penonton, tapi mungkin akan berisiko juga. Risikonya kalau nanti ada kejadian, misalnya satu pemain atau ofisial yang kena (COVID-19), itu yang menjadi masalah," katanya.

Dengan demikian, Umuh Muchtar meminta kepada PT LIB selaku operator Liga untuk mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah. Sebab menurutnya kesehatan lebih penting ketimbang harus memaksakan digelarnya pertandingan di tengah wabah COVID-19.

"Akan ribet kalau dipaksakan tanpa penonton. Lebih baik kita tunggu sampai selesai Coronanya."

"Kalau ini (COVID-19) sudah beres. Pasti Liga bisa dilanjutkan. Kalaupun tidak bisa dilanjutkan, paling ada turnamen. Turnamen yang bisa memeriahkan masyarakat sambil menunggu kembali Liga berjalan," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Umuh Muchtar PT Liga Indonesia Baru Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan