BolaSkor.com - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar tetap menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini dengan sukacita. Kebahagiaan, kesenangan, dan rasa syukur tetap dirasakan.

Umuh Muchtar mengakui lebaran di tahun masih dalam kondisi yang tidak normal. Pemerintah Indonesia juga memberlakukan larangan mudik yang menjadi tradisi tiap tahunnya.

Pria yang akrab disapa Pak Haji ini tidak mempermasalahkan kebijakan itu. Pasalnya, larangan itu bertujuan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Baca Juga:

Arema FC Ajak Pendukung Memaknai Hari Kemenangan

Genta Alparedo Satu-satunya Pemain Liga 2 di Timnas, Semen Padang Bangga

"Ya, lebaran selalu berbeda-beda. Tahun ini, COVID-19 ini sangat merugikan semua pihak, pemerintah juga dirugikan, masyarakat semua. Tapi pemerintah sayang dengan warganya, jadi mengeluarkan aturan-aturan seperti pulang kampung tidak boleh. Kenapa harus seperti itu, kan darurat," ujar Umuh Muchtar di kediamannya di Kiaracondong, Kota Bandung, Kamis (13/5).

"Ini musibah dan membahayakan, otomatis lebih baik kan menyelamatkan nyawa dulu, jiwa dulu. Apalagi seperti yang mau mudik, kan tidak tahu orangnya, di antaranya ada yang kena, ini bukan hanya larangan tapi pasti ada yang kena, nanti misalkan pulang ke kampungnya, keluarganya kena, kampungnya kena."

"Makanya harus ikut saja dulu, saya pun sekarang ada di Bandung mungkin sore ke Tanjungsari tapi lihat dulu, dihitung dulu. Takutnya nanti kenapa saya bisa lewat, tapi yang lain nggak bisa lewat, kita sesuaikan saja dulu," tambahnya.

Umuh Muchtar juga akui mengalami kerugian dengan larangan mudik di tahun ini. Namun, dia tetap mensyukuri, menikmati lebaran tahun ini.

"Mungkin kalau ditanya maknanya, ya sangat penting. Orang puasa kan bukan hanya menahan lapar, tapi menahan semua. Kalau kita ada masalah, dihindari, jangan juga lawan arus, karena ini untuk mengamankan diri. Saya juga sekarang jarang bertemu sama orang takutnya ada yang kena, khawatirnya kita kena (COVID-19)," katanya.

Terbukti, di tahun ini, Umuh Muchtar tidak mengundang para pemain Persib untuk ke kediamannya. Sekalipun hanya sekadar menjalin silaturahmi. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)