BolaSkor.com – Direktur Olahraga Persija Jakarta, Ferry Paulus, mengungkapkan proses naturalisasi gelandang Persija Jakarta, Marc Anthony Klok sudah memasuki babak akhir. Marc Klok tidak lama lagi bisa menyandang status Warga negara Indonesia (WNI).

Ferry Paulus menjelaskan mantan pemain PSM Makassar ini telah menuntaskan tahapan proses naturalisasi di Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Proses naturalisasi Marc Klok akan berlanjut di Sekretariat Negara (Setneg). Setelah itu, mantan pemain berusia 26 tahun tersebut akan dipanggil Komisi X DPR RI untuk melalui beberapa proses.

Baca Juga:

Ungkapan Osvaldo Haay Setelah Resmi Menjadi Bagian Persija Jakarta

Alasan Utama Persija Jakarta Rekrut Osvaldo Haay

"Proses naturalisasi Marc Klok sudah melewati Kemenkumham dan saya dapat informasi terakhir, prosesnya di BIN juga telah selesai," ujar Ferry Paulus di Kantor Persija, Kuningan, Senin (10/2).

"Lalu, nanti akan masuk Setneg dan Komisi X DPR. Di DPR, dia akan menjalani kelancaran berbahasa Indonesia, mengucapkan Pancasila, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya," tutur Ferry Paulus.

Ferry Paulus berharap proses naturalisasi gelandang asal Belanda ini dapat selesai sebelum pendaftaran pemain Liga 1 2020 ditutup pada 10 Maret 2020. Jika memang selesai sebelum penutupan, Persija Jakarta akan merealisasikan rencana menambah satu pemain asing lagi.

"Hitung-hitungan kami, kami optimistis dari agen yang mengurus, sebelum 10 Maret 2020 proses naturalisasinya bakal tuntas,” ujar pria yang kini juga menjabat sebagai komisaris PT Liga Indonesia Baru ini.

“Sang agen punya keyakinan karena berkaca dari pengalamannya dalam mengurus naturalisasi pemain-pemain sebelumnya. Mudah-mudahan ini bukan angin surga, namun berita yang positif," pungkasnya.