Komisi X DPR Menyetujui Naturalisasi Ivar Jenner, Rafael Struick dan Justin Hubner

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 20 Maret 2023
Komisi X DPR Menyetujui Naturalisasi Ivar Jenner, Rafael Struick dan Justin Hubner
Suasana Rapat Dengar Pendapat Komisi X bersama Plt Menpora, PSSI, dan PBSI, di Ruang Sidang Badan Legislasi DPR-RI, Jakarta, Senin (20/3). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Komisi X DPR-RI menyetujui permohonan naturalisasi terhadap tiga pemain keturunan untuk Timnas Indonesia U-20, yaitu Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner.

Persetujuan diberikan setelah Komisi X menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Plt Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Muhadjir Effendy, di Ruang Sidang Badan Legislasi DPR-RI, Senin (20/3).

Sebanyak 7 dari 9 fraksi di Komisi X hadir dalam rapat tersebut. Artinya, jumlah fraksi mencapai kuorum sehingga rapat dinyatakan sah.

Turut hadir Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria, Sekjen Yunus Nusi, dan anggota Komite Eksekutif (Exco) Endri Erawan. Sementara itu, Ivar dan Jenner hadir secara virtual, tetapi Justin Hubner absen.

"Apakah Komisi X DPR RI dapat menyetujui pemberian kewarganegaraan Indonesia atas nama Justin Quincy Hubner, Ivar Jenner, Rafael William Struick, dan Jerome Anthony Beane Jr untuk selanjutnya diproses melalui peraturan perundang-undangan?" tanya Syaiful Huda kepada seluruh anggota Komisi X dalam rapat.

"Setuju," jawab para anggota lain diikuti pukul palu yang dilakukan Syaiful Huda.

Baca Juga:

Termasuk Tiga Pemain Keturunan, 29 Pemain Dipanggil untuk TC Timnas Indonesia U-20

Robi Darwis Ogah Buru-buru Pikirkan Timnas U-20

Para anggota Komisi X memberikan persetujuan karena proses alih negara Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner dinilai telah memenuhi persyaratan yang berlaku, salah satunya karena ketiganya memiliki garis keturunan Indonesia.

Ketiga pemain itu juga disiapkan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 di ajang Piala Dunia U-20 2023 yang berlansung di Tanah Air pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

"Komisi X DPR RI menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Justin Quincy Hubner, Ivar Jenner, Rafael William Struick, dan Jerome Anthony Beane Jr," kata Ketua Komisi X, Syaiful Huda selaku pemimpin rapat di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

"Dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku."

Selanjutnya PSSI juga akan menggelar RDP bersama Komisi III. Agenda ini dijadwalkan berlangsung siang ini.

Pssi Timnas indonesia u-20 Naturalisasi Ivar Jenner Justin Hubner Rafael Struick Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.285

Bagikan