BolaSkor.com - Komite Adhoc Integritas bentukan PSSI telah selesai menggelar rapat pertamanya pada Rabu (13/2) di Kantor PSSI FX Sudirman, Jakarta Pusat. Ada beberapa informasi yang disampaikan, termasuk rencana pembuatan aplikasi khusus untuk pengaduan pengaturan skor.

"Saya sampaikan kalau tadi telah terjadi agenda rapat kita pertama, komplit Komite Adhoc Integritas beserta penasihatnya," ujar Ketua Komite Adhoc Integritas, Ahmad Riyadh.

Untuk pembuatan aplikasi pengaduan match fixing, kata Riyadh, pihaknya ingin ada keterlibatan masyarakat dalam memberantas pengaturan skor. Nantinya, masyarakat diminta untuk memberi masukan lewat teknologi tersebut.

"Tentunya juga ada aplikasi nanti untuk rekan-rekan, untuk masyarakat semua, untuk pengaduan," kata Riyadh.

"Kita ingin masyarakat semuanya juga mendukung langkah tim ini untuk memperbaiki sepak bola dengan memberi masukan-masukan. Nanti ada aplikasinya, kami nanti akan umumkan aplikasinya," terang Riyadh menambahkan.

Baca Juga:

Arema FC Nilai Jangan Sampai Manuver Satgas Anti Mafia Bola Berujung Sanksi FIFA

Ketua Komite Adhoc: Departemen Integritas PSSI akan Terbentuk dalam Dua Pekan

Cara lain Komite Adhoc Integritas dalam membersihkan sepak bola Indonesia dari kasus suap adalah memanggil para wasit yang akan memimpin pertandingan. "Juga nanti kita akan panggil para wasit yang mau memimpin, kami mau buka-bukaan bagaimana yang dulu, bagaimana yang sekarang, ke depan bagaimana," tutur Riyadh.

"Dengan klub, dengan stakeholder sepak bola semuanya kami ingin membuat suatu kesepahaman bersama untuk sepak bola Indonesia yang lebih baik," imbuh Riyadh.

Kasus pengaturan skor sedang mewabah di Liga Indonesia. Beberapa pengurus PSSI pun telah ditangkap Satgas Anti Mafia Bola. Mayoritas yang menjadi tersangka mengatur pertandingan di Liga 3.