BolaSkor.com - Piala AFF 2020 kemungkinan tak bisa diselenggarakan pada tahun ini. Ada kemungkinan turnamen akbar di Asia Tenggara itu digeser dan akan digelar pada 2021.

Kemungkinan itu muncul dalam rapat virtual Komite Darurat AFF yang dilakukan Senin (27/7) sore. Pertemuan itu lebih membahas soal rencana penyelenggaraan Piala AFF 2020.

Komite Darurat AFF merujuk pada perkembangan dan menilai situasi pandemi virus corona (COVID-19), terutama di kawasan Asia Tenggara. Anggota Komite Darurat AFF memperkirakan bahwa pandemi berpeluang berkembang ke arah yang lebih rumit dan bisa sampai akhir tahun.

Baca Juga:

7 Pemain Keturunan Calon Andalan Timnas Filipina Pasca Berakhirnya Era Younghusband Bersaudara

FAT Pantau Pemain Keturunan di Negara Skandinavia untuk Bela Timnas Thailand di Piala AFF 2020

"Oleh karena itu, rencana menyelenggarakan Piala AFF 2020 tidak bisa dilaksanakan sesuai yang diharapkan," tulis media Vietnam, Tuoitre.

Piala AFF 2020 direncanakan digelar 23 November sampai 31 Desember. Federasi Sepak Bola Vietnam (AFF) sempat menyatakan minat menggelar Piala AFF di Vietnam. Namun Vietnam belakangan dibayangi pandemi lagi menyusul temuan dua kasus baru COVID-19, kemarin.

Adapun Wakil Ketua VFF, Tran Quoc Tuan yang turut hadir dalam pertemuan virtual tersebut menjelaskan bahwa Piala AFF 2020 kemungkinan juga menemui kesulitan untuk digelar pada 2021, mengingat banyaknya event internasional. Namun ia menegaskan bahwa AFF tetap berupaya menemukan solusi yang tepat.

"Pertemuan virtual anggota Komite Darurat AFF berikutnya akan berlangsung pada 30 Juli untuk memutuskan masalah ini. Piala AFF 2020 pada 2021 dan sangat sulit dengan jadwal saat ini," jelasnya kepada Tuoitre.