Komnas HAM Besok Mintai Keterangan PSSI hingga LIB soal Tragedi Kanjuruhan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 12 Oktober 2022
Komnas HAM Besok Mintai Keterangan PSSI hingga LIB soal Tragedi Kanjuruhan
Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, saat memberikan keterangan terkait temuan Komnas HAM soal Tragedi Kanjuruhan. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengagendakan pemeriksaan terhadap PSSI, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), dan Official Brodcaster Liga 1, Indosiar.

Pemeriksaan tersebut berkaitan dengan Tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan 132 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka pascalaga Arema FC kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10).

Komnas HAM juga melibatkan ahli hukum olahraga saat meminta keterangan PSSI, PT LIB, dan Indosiar yang dilakukan di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Kamis (13/10).

"Kami harap semua pihak yang kami mintai keterangan bisa datang," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, dalam konferensi pers di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Rabu (12/10).

Baca Juga:

Dianggap Berperan Tentukan Kick Off Liga 1, Indosiar Lempar Tanggung Jawab ke LIB

Anggota Polresta Malang Kota Bersujud sebagai Bentuk Maaf atas Tragedi Kanjuruhan

"Ini semuanya untuk korban dan untuk perbaikan sepak bola kita. Ini soal tata kelola, keamanan, dan perlindungan HAM," tambahnya.

Anam juga membeberkan hasil temuan awal Komnas HAM yang melakukan investigasi di Malang sejak 2 Oktober hingga 10 Oktober 2022. Dari penyelidikan itu Anam menduga bahwa Tragedi Kanjuruhan ini dipicu oleh tembakan gas air mata yang dilepaskan kepolisian.

Tindakan represif aparat itu membuat suporter panik sehingga berusaha menyelamatkan diri. Akibatnya terjadi penumpukan massa di sejumlah pintu keluar masuk yang disebut jadi salah satu penyebab 132 orang meregang nyawa.

"Kami pertegas ini bahwa kenapa peristiwa Kanjuruhan, tragedi kemanusiaan Kanjuruhan 132 orang meninggal itu, penyebab utamanya adalah gas air mata," tutur Anam.

Pssi PT Liga Indonesia Baru PT LIB Liga 1 Arema FC Kanjuruhan Kanjuruhan Malang Stadion Kanjuruhan Malang Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.261

Bagikan