Komponen di Swingarm Kurangi Temperatur Ban Tujuh Derajat Celcius, Valentino Rossi Kepincut

Hendry WibowoHendry Wibowo - Sabtu, 13 April 2019
Komponen di Swingarm Kurangi Temperatur Ban Tujuh Derajat Celcius, Valentino Rossi Kepincut
Valentino Rossi (Twitter/Monster Energy Yamaha)

BolaSkor.com - Pada sesi latihan bebas 2 (FP2) lomba putaran ketiga MotoGP 2019 di Sirkuit Austin, Texas, Amerika Serikat, Sabtu dini hari WIB, tim Repsol Honda melakukan debut menggunakan komponen khusus di swingarm belakang yang berfungsi mendinginkan ban.

Menariknya, bersama Suzuki, KTM, dan Aprilia, Honda sempat memprotes komponen yang kali pertama digunakan Ducati pada lomba putaran pertama musim ini di Qatar.

Baca Juga:

Sempat Protes, Honda Contoh Komponen Swingarm Milik Ducati

Latihan Bebas 1 dan 2 MotoGP Amerika: Maverick Vinales Tandingi Marc Marquez

Kini komponen tersebut dinyatakan legal. Karena data membuktikan berkat keberadaan komponen khusus di swingarm belakang ini, temperatur ban belakang memang berkurang hingga tujuh derajat celcius di Qatar.

Melihat efektifnya teknologi ini di motor Ducati Desmosedici dan Honda mulai mencontohnya, Valentino Rossi pun mengusulkan timnya, Yamaha untuk melirik komponen khusus di swingarm belakang.

"Buat saya, komponen ini bisa menjadi sesuatu yang penting buat Yamaha. Karena bisa membantu ban belakang merasakan temperatur lebih rendah, seperti yang dikatakan Ducati, mendinginkan ban," kata Rossi.

"Jadi saya telah mendorong Yamaha untuk menerapkan teknologi serupa. Tentu komponen ini tidak membuat perbedaan besar. Hanya sebuah hal kecil, tapi mungkin turut memberikan sedikit bantuan," lanjut pembalap berusia 40 tahun ini.

Yamaha sendiri sejatinya pernah menerapkan teknologi ini berupa spray deflector, tapi digunakan saat mengaspal di trek basah. Jadi bisa dipahami, Yamaha tidak ikut-ikutan pabrikan lain ketika memprotes komponen yang diciptakan pihak Ducati ini.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com

Breaking News MotoGP 2019 MotoGP Amerika Valentino Rossi Monster Yamaha MotoGP
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan