BolaSkor.com- Pebulutangkis Indonesia, Liliyana Natsir, mulai berpikir gantung raket pada akhir tahun 2018. Kondisi fisik menjadi alasan pebulutankgkis yang akrab disapa Butet itu ingin pensiun.

Kondisi fisik yang sudah tidak memadai juga membuat Ibu Butet, Olly Maramis khawatir. Ia mengatakan Butet kerap mengeluh kesakitan setiap habis berlatih.

Setelah mengalami cedera lutut, Butet juga mengurangi porsi latihan. Jika biasanya peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 itu mengambil latihan tambahan, kini tidak lagi.

"Kalau tante melihat dia fisiknya dan cedera lama sembuh, kecepatan menurun. Tante sudah lihat kecepatan dia nggak (bagus), dia mau ambil tapi kakinya lambat. Kalau tangan masih bisa cepat. Jadi misal mau lempar ke sana, dia agak kurang kakinya," ujar Olly.

Olly tentu tidak akan menghalangi keputusan Butet untuk pensiun. Ia ingin Butet bisa beristirahat dan menikmati jerih payahnya.

"Tergantung Liliyana ya. Karena memang yang merasakan capek itu dia, dia pernah bilang dulu masih muda kalau hari ini digenjot (latihan keras) sama pelatih, dia bangun besoknya sudah kembali normal. Kalau sekarang tidak, butuh tiga hari remuk badan, harus ada yang pijat baru pulih. Jadi tante kasian kalau maksain, kalau dia mampu ya main kalau mutuskan pensiun ya sudah kami terima. Daripada nanti cedera lagi, karena latihan juga berat. Apalagi dengan umurnya, jadi saya paham kalau dia mau pensiun tahun ini," tutur Olly.

Fokus Butet bersama pasangannya, Tontowi Ahmad saat ini adalah Asian Games 2018. Setelah berhasil menjuarai Indonesia Open di Istora Senayan, rasa penasaran Tontowi/Liliyana hanya Asian Games.