BolaSkor.comSEA Games 1991 masih melekat diingatan para pencinta sepak bola di Indonesia. Pasalnya pada tahun tersebut, Timnas Indonesia berhasil mendapatkan emas di SEA Games dan hingga kini medali emas belum didapat lagi.

Salah satu pemain Timnas Indonesia yang berhasil membawa medali emas pada tahun 1991, Sudirman membagi cerita bagaimana kondisi tim saat itu dan faktor apa yang bisa membuat Indonesia mendapatkan emas.

Pria yang kerap disapa Jendral itu mengaku faktor fisik yang prima jadi hal yang paling utama Timnas Indonesia meraih medali emas pada SEA Games 1991. Pasalnya ketika pemusatan latihan (TC), pelatih saat itu Anatoly Fyodorovich Polosin melakukan latihan sehari tiga kali.

Selain kondisi fisik, kebersamaan antar pemain dan kedekatan antara pemain dan pelatih juga menjadi faktor yang membuat timnas saat itu sangat kompak dan cukup disegani oleh tim lawan pada saat itu.

Baca Juga:

Perjalanan Timnas Indonesia di SEA Games: 1987 dan 1991 Jadi Tahun Emas

Satu Masih Ditahan, Dua Suporter Timnas Indonesia Sudah Dibebaskan Malaysia

“Salah satu faktor penting pada saat itu ialah kondisi fisik kita yang sangat siap. Kita dilatih benar untuk menjaga fisik kita agar tetap prima pada saat itu. Kita latihan sehari tiga kali, setiap TC menjelang SEA Games itu,” kata Sudirman kepada BolaSkor.com.

“Jadi boleh dikatakan fisik itu yang membuat kita bisa mendapatkan medali emas itu, karena kita bermain sangat agresif, sangat pressing tinggi, sehingga lawan kesulitan untuk bisa bermain dengan irama mereka,” tambahnya.

Asisten pelatih Persija Jakarta saat ini sangat berharap Timnas Inodnesia U-23 berhasil membawa kembali medali emas SEA Games. Karena itu sangat dinanti-nanti oleh para pecinta sepak bola di Indonesia.

“Untuk tim SEA Games saya mengharapkan bisa mendapatkan emas, karena sudah 28 tahun emas itu belum kembali lagi ke tanah air kita. Ini kesempatan yang bagus, saya harap semua pemain yang ada di SEA Games ini mereka sedikit flashback ke belakang di tahun 1991, kita meraih emas di Manila, itu emas terakhir yang kita raih selama ini,” ujar Sudirman.

“Harapan saya dengan mereka melihat ke belakang bagaimana perjuangan kami pada saat itu, karena saya rasa itu akan menjadikan motivasi yang besar dan punya kemauan yang besar untuk bisa meraih emas tersebut,” pungkasnya.