BolaSkor.com - PSSI pada tengah malam atau Selasa (19/2) merilis sebuah berita baru dalam websitenya. Isinya mengagetkan. Kesimpulannya, Kongres Luar Biasa (KLB) akan segera digelar.

Dalam beritanya, PSSI tidak menyebutkan secara spesifik alasan penyelenggaraan KLB. Yang tertulis hanya berlandaskan karena mempertimbangkan dinamika yang berkembang dan mendengarkan aspirasi anggota agar visi dan program berjalan.

Dinamika yang dimaksud PSSI diperkirakan berupa skandal pengaturan skor yang membelit PSSI. Sejumlah pengurus teras PSSI bahkan telah ditangkap oleh Satgas Anti Mafia Bola. Terkini, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono juga dijadikan sebagai tersangka.

Baca Juga:

Berikut Jadwal Lengkap Piala Presiden 2019

Persipura Jayapura Tolak Diadakannya KLB PSSI

Keputusan KLB lahir setelah rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Selasa (19/2) malam WIB. Nantinya, dalam pertemuan ini, PSSI akan membahas dua agenda, termasuk membentuk dua perangkat. Pertama, membuat perangkat Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Agenda kedua meliputi penetapan tanggal kongres pemilihan kepengurusan baru. Dalam statutanya, KLB dapat diadakan minimal tiga bulan setelah munculnya keputusan.

"Untuk menyiapkan KLB dengan dua agenda itu dan mempertimbangkan padatnya program PSSI, termasuk menjaga komitmen partner komersial kompetisi profesional. Serta untuk menghormati agenda besar politik nasional," ujar Joko.

"Maka, PSSI akan mengutus perwakilan ke Zurich, Swiss, untuk berkoordinasi secara langsung dengan FIFA untuk mendapatkan arahan dan rekomendasi yang tepat," kata pria yang karib dipanggil Jokdri itu.