Kongres Tahunan PSSI Tidak Kalah dengan Kongres FIFA

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 19 Januari 2019
Kongres Tahunan PSSI Tidak Kalah dengan Kongres FIFA
Sekjen PSSI, Ratu Tisha. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - PSSI akan menghelat kongres rutinan setiap tahunnya di Bali, Minggu (20/1). Dimulai pada pukul 09.00 hingga 14.00 WITA, ada banyak agenda yang akan dibahas.

Kongres PSSI akan dibanjiri para peserta. Selain 85 voters, ada pula pengurus PSSI serta Anggota Komite Eksekutif (Exco). Jumlah voters meliputi Delegasi Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI, klub Liga 1 hingga Liga 3, serta Federasi Futsal Indonesia.

Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, mengatakan persiapan kongres telah siap sepenuhnya. Mayoritas para undangan pun telah hadir.

Bahkan, Tisha berani mengklaim, Kongres PSSI tidak kalah dengan Kongres FIFA. Tisha berani menyebut, pembahasan Kongres PSSI bakal berbobot.

"Materi kongres tahunanan kali cukup mutakhir. Tak kalahlah sama Kongres Tahunan FIFA. Karena seluruh set materi di dalam USB agar mepermudah peserta dan ada dua dokumen penting yang nanti dipaparkan," ujar Tisha kepada wartawan di Hotel Sofitel, Sabtu (19/1).

Baca Juga:

Susunan Acara Kongres Tahunan PSSI 2019 di Bali

Anggota Exco Sebut Tidak Tutup Kemungkinan Ada Pergantian Pengurus PSSI di Kongres

Tisha menjelaskan, Kongres PSSI bakal membahas evaluasi program dan kinerja PSSI sepanjang 2018. Kedua, PSSI bakal membahas program pada tahun ini, termasuk meneruskan program tahun lalu dan menyongsong visi menuju 2045.

Pada 2045, PSSI berencana untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia. Tapi dalam waktu dekat, PSSI berani menargetkan tembus ke Olimpiade 2024.

"Jadi tahun 2018 hingga 2019 adalah fase pemulihan organisasi dan recovery organisasi. Artinya pemulihan secara struktural, pemulihan secara aturan- organisasi, pemulihan secara sistem, dan skema pembinaan usia muda," ucap Tisha.

"Dan salah satu program unggulan di 2019 ini adalah berjenjangnya kompetisi Elite Pro Academy dari usia 16, 18, dan 20 tahun," tambahnya Tisha.

Baca Juga:

Tidak Ada Pembahasan Rangkap Jabatan Petinggi PSSI dalam Kongres

Agenda yang Dibahas dalam Kongres Tahunan PSSI 2019 Bali

Selain membahas beberapa materi di atas, PSSI juga membuka kemungkinan untuk berbicara mengenai kasus yang tengah ramai belakangan ini. Adalah pengaturan skor, yang menjadi persoalan PSSI. Kasus ini juga sedang didalami pihak kepolisian lewat Satgas Anti Mafia Bola.

"Tidak hanya pada 2019 saja persoalan ini dibahas karena pada kongres tahun lalu salah satu pembahasan mengenai area integritas. Pada 2018 PSSI juga sudah melakukan kerja sama dengan Genius Sport sebagai salah satu supporting data untuk identifikasi potential atau upnormal match," imbuh Tisha.

"Setelah berlangsungnya kerja sama, pada 2019 ini yang akan kami tingkatkan pendukung datanya dari Genius Sport dengan di set-up lewat Komite Adhoc Integrity," tutupnya. (Laporan Langsung Muhammad Adiyaksa dari Bali)

Pssi PSSI Kongres tahunan pssi Ratu Tisha Destria Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.971

Bagikan