Konpers Pertama sebagai Pelatih Monaco: Guardiola Dijadikan Referensi oleh Henry

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 18 Oktober 2018
Konpers Pertama sebagai Pelatih Monaco: Guardiola Dijadikan Referensi oleh Henry
Thierry Henry resmi melatih AS Monaco (Zimbio)

BolaSkor.com - Pertandingan pekan 10 Ligue 1 melawan Strasbourg akan menjadi momen pertama sekaligus debut bagi legenda AS Monaco dan Arsenal, Thierry Henry, sebagai pelatih profesional. Henry melatih Monaco menggantikan Leonardo Jardim.

Karier kepelatihannya memang minim karena ia baru sebatas menjadi asisten pelatih Roberto Martinez di timnas Belgia. Meski begitu, Henry memiliki sosok yang karismatik berkat kesuksesannya sebagai pemain di masa lalu.

Monaco juga yang membuka jalannya menjadi pesepakbola profesional. Henry muda promosi dari akademi Monaco ke tim utama pada 1994 dan bermain sampai 1999, sebelum hengkang ke Juventus lalu menjadi populer berkat polesan Arsene Wenger di Arsenal dari medio 1999-2007.

Sepanjang kariernya, Henry sudah pernah dilatih beberapa pelatih top Eropa dan dua di antaranya berpengaruh besar dalam perkembangan kariernya: Wenger dan Pep Guardiola. Uniknya, dalam sesi konferensi pers (konpers) pertamanya sebagai pelatih Monaco, Henry justru menjadikan Guardiola sebagai referensi.

"Pep adalah referensi bagi saya, saya tidak mengatakan untuk semuanya. Tidak ada yang benar atau salah; itulah referensi bagi saya. Kami belajar cara memainkan pertandingan ketika saya bermain di Barcelona di bawah asuhannya (Henry pernah di Barcelona pada 2007 hingga 2010)," tutur Henry di Standard Sport.

"Dengan Pep Anda bisa berbicara mengenai pertandingan; dia bahkan tidak akan tidur dan akan terus membicarakannya, Anda tertidur dan dia masih berbicara. Gagasannya akan pertandingan; dia terdepan dalam melakukannya, saya telah melihatnya dari jarak dekat. Anda belajar dari orang-orang; mereka menginspirasi Anda."

Guardiola dijadikan referensi karena pemikirannya yang inovatif mengenai permainan sepak bola, plus, Guardiola juga pernah berprofesi sebagai pesepakbola profesional. Di satu sisi berbeda, Wenger di mata Henry merupakan sosok penting yang berperan besar mengembangkan kariernya.

"Namun jika saya berbicara mengenai Arsene, Arsene membukat segala hal yang ada di pikiran saya, membuat saya memahami apa itu arti pesepakbola profesional, bagaimana cara tampil bagus. Saya tidak akan pernah melupakannya. Anda tahu hubungan saya dengannya, jadi saya akan selalu membawa nilai-nilai dari apa yang dilakukannya," tambah Henry.

Breaking News Arsenal Arsene Wenger AS Monaco Pep Guardiola FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan