BolaSkor.com - Analis Sky Sports, Kieran Maguire, menilai ada konspirasi di balik saga transfer Neymar yang berlarut-larut. Maguire menganggap, Paris Saint-Germain dan Barcelona sengaja membuat transfer Neymar terus mencuat di media sebagai bagian dari komersialisasi.

Isu transfer Neymar ke Barcelona menjadi satu di antara perbincangan publik sepak bola. Pemain tim nasional Brasil digosipkan tidak ingin bertahan di PSG dengan sejumlah pertimbangan.

Neymar menilai, PSG bukanlah klub yang tepat untuk membuatnya menempati puncak pemain terbaik di dunia. Selain itu, sinar Neymar juga sudah mulai pudar seiring penampilan Kylian Mbappe yang semakin mengilap.

PSG dilaporkan tidak menutup pintu bagi Neymar untuk hengkang. Apalagi, Les Pariens juga geram dengan aksi Neymar mangkir latihan tanpa alasan yang jelas.

Akan tetapi, sejauh ini tidak ada hal yang konkret yang dilakukan Barcelona atau PSG. Semua kabar yang beredar belum ada kepastian di belakangnya.

Baca Juga:

Saga Transfer Antoine Griezmann: Atletico Tuding Barcelona Langgar Aturan

Para Aktor di Balik Saga Transfer Neymar

Trio MSN

Maguire menilai, PSG sengaja mengipasi bara isu kepergian Neymar agar terus menyala. Paris Saint-Germain berharap, bisa mendapatkan keuntungan dari sisi komersial.

"Neymar punya 122 juta pengikut di Instagram. Ketika hengkang ke PSG, dia menambahkan 5 juta pengikut pada akun Les Parisiens," ujar Maguire.

"PSG memanfaatkan ketenaran dan posisi Neymar di media sosial untuk mendapatkan banyak kesepakatan dengan sponsor. Hal itu akan membantu mereka menutup pengeluaran di bursa transfer dan gaji," sambung Maguire.

Pada sisi lain, Maguire menilai Barcelona juga akan mendapatkan keuntungan dari luar lapangan. Sebab, Neymar punya nama besar.

"Jadi, kepergian Neymar akan membuat PSG merugi secara finansial. Sementara itu, Barcelona akan memandangnya sebagai investasi karena Neymar sangat terkenal di seluruh dunia sebegai sebuah merek.

Neymar saat ini menyandang predikat pemain termahal di dunia usai hengkang pada 2017 dengan mahar 222 juta euro. Kabarnya, PSG mematok harga 300 juta euro untuk mantan pemain Santos itu.