Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Resmi Dikukuhkan, Para Atlet Pilihan Bangsa

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 08 Mei 2022
Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Resmi Dikukuhkan, Para Atlet Pilihan Bangsa
Pengukuhan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Ketua NOC Indonesia (Komite Olimpiade Indonesia), Raja Sapta Oktohari resmi mengukuhkan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam. Pengukuhan tersebut digelar di Hall A Senayan, Jakarta, Minggu (8/5).

"Dengan mengucap Bismillah dan memohon rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa pada tanggal 8 Mei 2022, saya Raja Sapta Oktohari atas nama Komite Olimpiade Indonesia dengan ini mengukuhkan tim Indonesia SEA Games 2021 Vietnam. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa meridai dan melindungi dan memberikan kekuatan," kata Raja Sapta Oktohari.

Acara tersebut turut dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Hadir pula Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono dan Bendahara Umum NOC Indonesia, Tommy Hermawan Lo.

Dalam sambutannya, Zainudin Amali menyebut Indonesia hanya mengirimkan para atlet yang berpotensi menorehkan prestasi di SEA Games 2021. Ada pengurangan jumlah atlet secara signifikan dari yang berlaga di SEA Games 2019 Manila.

Baca Juga:

Lepas Timnas Futsal ke SEA Games 2021, CdM Indonesia Beri Pesan Khusus

SEA Games 2021: Mencicipi Cita Rasa Indonesia di Hanoi

SEA Games 2021
Menpora Zainudin Amali (tengah) bersama Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari (kanan) dan CdM Indonesia Ferry J Kono (kiri). (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

"Pengiriman kontingen Indonesia ke SEA Games pada yang pertama kali menggunakan paradigma baru prestasi nasional setelah mendapat arahan Presiden Joko Widodo," kata Menpora Zainudin Amali.

"Di mana arahan (Presiden Joko Widodo) meminta kepada kami untuk melakukan review total tentang ekosistem pembinaan prestasi nasional langsung diwujudkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2022 yang sebelumnya didahului dengan Peraturan Presiden (Perpres) salah satu pembeda antara SEA Games sebelumnya (2019), kira-kira berkurang hampir 50 persen. Kami meyakini yang diberangkatkan benar-benar (atlet) berprestasi," tambah Zainudin Amali.

Pada SEA Games 2021, Kontingen Indonesia mengirimkan 499 atlet dari 32 cabang olahraga (cabor). Zainudin Amali mengatakan, ajang SEA Games 2021 ini harus dijadikan sebagai persiapan menghadapi event yang lebih besar, seperti Asian Games 2022 Hangzhou dan Olimpiade 2024 Paris.

"Mulai sekarang mimpi atlet itu harus Olimpiade. Namun demikian kami tetap mengirimkan ke SEA Games untuk mempersiapkan diri ke Kualifikasi Olimpiade Paris 2024," ujar Menpora Zainudin Amali.

SEA Games 2021
Pengukuhan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry J Kono, menyampaikan bahwa keberangkatan atlet akan dilakukan secara bertahap.

"Tim Indonesia mengikuti 32 cabor dari 41 cabor yang dipertandingkan di SEA Games. Ada 313 atlet pria dan 186 atlet wanita, jadi totalnya 499 atlet," ujar Ferry Kono.

"Sementara itu ada 214 ofisial yang akan bertugas di Vietnam. Keberangkatan bertahap mulai tanggal 3 sampai 12 Mei. Saat ini sebagian anggota kontingen sudah berangkat, ada 10 yang sudah berangkat, mulai dari pencak silat, golf, futsal, dan sepak bola. Masih ada 24 cabor lainnya. Indonesia dijadwalkan mengikuti upacara pembukaan SEA Games 2021 yang diwakili 30 atlet," pungkas Ferry Kono.

Reporter: Rizqi Ariandi

SEA GAMES SEA Games 2021 Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan