Kontribusi dan Perubahan yang Dapat Diberikan Adama Traore untuk Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Senin, 14 Februari 2022
Kontribusi dan Perubahan yang Dapat Diberikan Adama Traore untuk Barcelona
Adama Traore (Twitter)

BolaSkor.com - Gabung La Masia sejak usia delapan tahun dan kemudian pergi pada usia 19 tahun, lalu kembali ke Barcelona pada usia 26 tahun dan setelah delapan tahun lamanya. Itulah perjalanan karier Adama Traore.

Barcelona memang cukup sibuk berbenah pada bursa transfer musim dingin (Januari) 2022. Tak hanya merekrut Adama Traore, Barca juga memboyong Ferran Torres dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Ketiganya pemain ofensif pada posisi penyerang. Xavi, pelatih Barca ingin meningkatkan kekuatan di lini tersebut dan ketiga pemain itu punya karakter permainan yang berbeda, khususnya Traore.

Traore sudah bermain di dua laga sejak kembali ke Barcelona kontra Atletico Madrid dan Espanyol. Barca menang 4-2 atas Atletico dan imbang 2-2 kontra Espanyol. Traore dipinjam dari Wolverhampton Wanderers dengan opsi beli permanen.

Baca Juga:

Masih Berani Meragukan Luuk de Jong?

Tertinggal 16 Poin dari Madrid, Barcelona Percaya Masih Bisa Juara

Tak Tergoda Label Mewah, Frenkie de Jong Setia dengan Barcelona

"Saya sangat senang bisa kembali ke sini. Saya sudah lama ingin berada di sini. Bagi saya, ini merupakan momen yang sangat spesial. Sebab, saya sudah lama ingin bermain di sini," tutur Traore beberapa waktu lalu.

"Kali ini, saya kembali bersama keluarga dan teman. Oleh karena itu, saya ingin memberikan kebahagiaan itu saat bermain di lapangan, itu saja."

Kontribusi yang Dapat Diberikan Traore

Traore memang kalah populer jika dibandingkan dengan Neymar, Mohamed Salah, dan nama-nama lain pada posisi penyerang sayap. Tapi dalam kurun waktu delapan tahun kembali ke Barca Traore dapat memberikan warna permainan berbeda kepada klub.

Catatan golnya memang rendah dengan delapan gol Premier League dari 160 penampilan, jumlah yang bahkan kalah dari Gerard Pique dan Clement Lenglet, dua bek Barcelona. Tapi Traore punya gaya main berbeda.

Dengan tubuhnya yang atletis, berotot, Traore memiliki kelincahan bergerak kala mendribel bola dan tak gentar berduel adu fisik dengan lawan. Traore bisa melewati lawan dengan cepat saat melakukan sprint.

Menurut Opta, Traore di antara pemain-pemain top Premier League dengan total jarak berlari dengan bola musim ini. Tidak ada satu pun di antara 100 pemain dalam daftar yang mendribel bola dengan jarak terpanjang - rata-rata 14,8 meter.

Itu di atas Valentino Livramento (14,56 meter), Allan Saint-Maximin (14,02 meter), Demarai Gray (13,03 meter), dan Declan Rice (13,02 meter).

Tak cukup dengan itu, dribel Traore juga lebih baik lagi dengan menyelesaikan dribel (sukses melewati lawan) sejak Premier League musim 2018-2019 pada angka 484 kali, di atas Wilfried Zaha (363 dribel), Allan Saint-Maximing (308 dribel), Sadio Mane (232 dribel), dan Raheem Sterling (230 dribel).

Kemampuan Traore itu menarik untuk dinanti di ajang LaLiga, liga yang mengandalkan permainan teknik tapi tempo tidak secepat Premier League. Traore bisa mengajak bek-bek lawan memeras keringat ketika mengejarnya saat mendribel bola.

Breaking News Adama Traore Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan