Kisah di Balik Kontroversi Klausul Kontrak dalam Transfer Alan Smith ke Manchester United

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 14 Mei 2020
Kisah di Balik Kontroversi Klausul Kontrak dalam Transfer Alan Smith ke Manchester United
Alan Smith (Twitter)

BolaSkor.com - Leeds United dan Manchester United merupakan dua rival bebuyutan klasik dalam sejarah sepak bola Inggris. Sebelum Arsenal-nya Arsene Wenger dan selain Liverpool, Red Devils selalu memiliki rivalitas panas kepada Leeds pada medio 1980-an.

Leeds United kekuatan yang menakutkan ketika jaya-jayanya di divisi teratas sepak bola Inggris, khususnya pada era Don Revie. Tak ayal ketika ada transfer di antara Leeds dan Man United maka itu akan selalu jadi sorotan besar.

Salah satu transfer itu adalah Alan Smith. Produk akademi Leeds bermain di tim utama pada medio 1998-2004 dan dibeli United sebesar tujuh juta poundsterling. Transfer kontroversial pemain yang pernah berduet dengan Mark Viduka dan Jimmy Floyd Hasselbaink itu memiliki klausul unik dalam kontraknya.

Dikutip dari The Athletic, Alan Smith punya klausul dalam kontraknya agar Man United tidak melakukan presentasi besar untuk dirinya. Klausul itu ada karena Smith pemain asli kelahiran Leeds dan mendukung tim sejak kecil.

Baca Juga:

Tatkala Marcelo Bielsa Menghadapi Ultras dengan Granat di Tangannya

Kisah Cristiano Ronaldo Menjadi Megabintang: Sewa Koki Pribadi

Empat Pemain Manchester United yang Kebal Hairdryer Treatment Sir Alex Ferguson

Alan Smith

Tak ayal Smith khawatir kepindahannya tak diterima baik oleh warga Yorkshire, apalagi ketika ia pindah Leeds degradasi dan Smith diklaim pernah berucap tidak pernah bergabung dengan Man United.

"Saya bermain di pertandingan terakhir Smudger - dan itu ditandatangani, disegel, disampaikan bahwa ia menandatangani kontrak dengan United," tutur mantan pemain Leeds United, Stephen McPhail.

"Ada air mata di matanya di ruang ganti sesudahnya. Dia benar-benar tidak ingin pergi tetapi dia tahu, untuk klub, bahwa dia harus pergi."

"Itu emosional. Seorang anak dari Leeds menandatangani kontrak dengan Manchester United? Bukan hal yang harus dilakukan. Tapi wajar dia melakukannya. Dia melakukan apa yang harus dia lakukan untuk klub. Tapi itu menghancurkannya. Dan untuk orang lain yang tumbuh di kota."

United menghormati keinginan Smith dan mengonfirmasi transfernya pada akhir Mei 2004 ketika ia benar pergi meninggalkan Leeds. Smith baru terlihat mengenakan jersey United pada pertengahan Juli di sesi pramusim.

Smith bertahan selama lima tahun dengan United arahan Sir Alex Ferguson. Smith yang dapat bermain sebagai striker dan gelandang serang meraih satu titel Premier League. Musim pertamanya dilalui dengan baik melalui torehan 10 gol, namun setelahnya Smith banyak cedera.

Salah satu momennya terjadi ketika Man United menang telak 7-1 melawan AS Roma pada April 2007 di leg kedua perempat final Liga Champions. Smith mencetak salah satu gol di laga itu dan menjadi gol pertamanya untuk United sejak 2005.

Kariernya tak bertahan lama hingga ia pindah ke Newcastle United, MK Dons, dan pensiun dengan Notts County pada 2018. Namun masa-masanya di United tak pernah dilupakannya.

"Saya menyukainya di Manchester United, itu intens dan saya melihatnya sebagai peluang besar untuk belajar dari beberapa pemain terbaik," tutur Smith.

"Saya mungkin agak jengkel kepada mereka karena saya ingin belajar dan menempatkan diri melawan mereka dalam sesi latihan. Saya ingat pramusim pertama saya, saya akan duduk dan berbicara dengan para pemain terbaik, seperti Roy Keane."

Breaking News Manchester United Leeds United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan