BolaSkor.com - Timnas Korea Selatan memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022. Itu menyusul kemenangan 2-0 atas Suriah dalam laga kedelapan Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (1/2).

Dua gol kemenangan Taeguk Warriors, julukan Timnas Korea Selatan dicetak oleh Kim Jin-su (53') dan Kwon Chang-hoon (71').

Kemenangan membuat Korea Selatan mengoleksi 20 poin dari delapan pertandingan atau dengan dua laga sisa. Berselisih dua poin dari Iran, yang mengoleksi 22 poin dan lebih dahulu memastikan diri tampil di Qatar.

Lolosnya Korea Selatan ke Piala Dunia untuk ke-11 kalinya atau 10 kali secara berturut-turut ikut menyeret nama pelatih anyar Timnas Malaysia, Kim Pan-gon. Kim Pan-gon turut mendampingi Timnas Korea Selatan jelang dan hingga pertandingan melawan Suriah.

Baca Juga:

Mengintip Persiapan 3 Lawan Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23

Kim Pan-gon Ungkap Alasan Menerima Jabatan Pelatih Malaysia

Kim Pan-gon merupakan sosok di balik penunjukkan Paulo Bento, pelatih Timnas Korea Selatan. Penunjukkan tersebut pada Agustus 2018.

Paulo Bento dan Kim Pan-gon. (KFA)

Pergantian pelatih dilakukan setelah Korea Selatan yang ditangani Shin Tae-yong gagal lolos grup Piala Dunia 2018. Dan Kim Pan-gon akhirnya memilih Paulo Bento dari banyak pilihan yang ada, sementara Shin Tae-yong yang sempat masuk nominasi dicoret dari daftar akhir.

Kim Pan-gon sempat ragu menunjuk Paulo Bento. Hal ini terakhir uang yang harus dikeluarkan. "Saat itu Ketua (KFA) Chung (Mong-gyu) berkata, 'Jangan khawatir tentang uang, pilihlah. Jadi saya bisa membawa semua staf pelatih Bento," katanya dikutip dari media Korea Selatan, Chosun.

"Belum diketahui seperti apa pencapaian Bento di final Piala Dunia Qatar. Namun mereka mencapai tujuan utama, lolos ke putaran final Piala Dunia. Alhasil, pilihan Kim Pan-gon sejauh ini berhasil," tulis Chosun.

Kim Pang-gon sudah menyatakan pengunduran diri dari jabatan sebagai sebagai Ketua Komite Peningkatan Timnas Korea Selatan pada 21 Januari, sebelum diperkenalkan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) akan menangani Timnas Malaysia.

Hanya saja ia masih mendampingi Timnas Korea dalam laga kontra Lebanon dan Suriah pada 27 januari dan 1 Februari. Kim Pang-gon akan datang ke Malaysia pertengahan Februari dan memulai pekerjaan termasuk melakukan pemantauan pemain di Piala Sumbangsih, sebelum menghadiri sejumlah laga Liga Super Malaysia.