Krisis Real Madrid: 4 Opsi Taktik Zinedine Zidane

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 16 Januari 2018
Krisis Real Madrid: 4 Opsi Taktik Zinedine Zidane
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane (Zimbio)

BolaSkor.com - Dengan selisih 19 poin dari Barcelona yang berada di puncak dan saat ini terancam keluar dari zona Liga Champions membuat Real Madrid harus segera berbenah. Jika tak ada perubahan armada Zinedine Zidane diperkirakan akan gagal di La Liga, tapi juga di Liga Champions.

Banyak pengamat yang menilai minimnya variasi taktik dari Zinedine Zidane menjadi salah satu penyebab hasil minor yang dicapai Real Madrid. Dengan kata lain, permainan Los Blancos sudah terbaca lawan, bahkan oleh tim yang notabene ada di bawah mereka.

Berikut empat opsi yang dinilai bisa dipakai Zinedine Zidane sebagai taktik alternatif seperti dilansir Marca.

1. Asensio Gantikan Casemiro dan Pressing Tinggi

Selama ini lini tengah Real Madrid terlihat kekurangan personel karena Casemiro diplot menempati pos di lini tengah untuk mengantisipasi serangan balik lawan.

Tanpa Casemiro dan memainkan Asensio Real Madrid akan bermain lebih ke depan serta otomatis akan lebih menekan dan kreatif. Asensio juga akan menambah kecepatan Real Madrid saat menyerang. Opsi ini pernah dipakai saat Real Madrid menghadapi Barcelona di leg kedua Piala Super Spanyol dan ketika melawan Sevilla. Pada dua laga tersebut Real Madrid mendominasi permainan dan menuai hasil maksimal.

2. Tiga bek tengah

Saat memainkan empat bek, Real Madrid acap kesulitan meladeni serangan balik lawan yang mengunakan kedua sisi lapangan, khususnya yang ditempati Marcelo. Karena itu pula Zidane tak membiarkan Casemiro maju membantu serangan.

Dengan memainkan tiga bek tengah, Marcelo dan Carvajal akan dimainkan sebagai bek sayap yang lebih leluasa membantu penyerangan tanpa harus terbebani bertahan. Mirip yang saat ini dimainkan Manchester City.

Sekali lagi, opsi ini sempat dipakai Zinedine Zidane dengan memainkan trio Nacho, Raphael Varane, dan Sergio Ramos di sentral pertahanan. Skema ini berjalan baik, namun entah apa alasannya Zidane melupakan taktik ini.

3. Mengembalikan BBC

Karim Benzema sudah kembali meski performanya masih mengecewakan sekembalinya dari cedera. Di sisi lain Zinedine Zidane ingin membuktikan keputusannya membela Benzema bisa dibenarkan. Rasanya sudah saatnya Zidane kembali mencoba trio Benzema, Gareth Bale, dan Cristiano Ronaldo atau trio BBC yang sempat menjadi momokdi La Liga.

Saat ini ketiga pemain secara individu tampil minor. Boleh jadi performa ketiga bintang itu akan membaik jika kembali dimainkan bersama. Sudah terlalu lama ketiganya tak main bareng, lebih karena cedera yang silih berganti datang.

4. 4-2-3-1 dan Tombak Tunggal

Lucas Vazquez menjadi salah satu pemain Real Madrid yang tampil apik tiap kali diberi kesempatan oleh Zinedine Zidane. Tak ada salahnya Zidane memberi kepercayaan kepada pemain yang sudah menimba ilmu di tim muda Real Madrid itu.

Lucas bisa menjadi sumber kreativitas Real Madrid yang selama ini minim. Lucas bisa diandalkan untuk merobek pertahanan lawan sari sisi kanan dan di sisi kiri Zidane bisa memainkan Gareth Bale. Sedangkan sebagai tombak tunggal Cristiano Ronaldo masih mumpuni. Dengan Lucas dan Bale akan menjadi penyokong mumpuni untuk Ronaldo.

Berita Terkait:

- Krisis Real Madrid: Lebih Dekat ke Zona Degradasi daripada Kejar Barcelona

- Krisis Real Madrid: Barisan Serang Tanpa Amunisi

- Krisis Real Madrid: Butuh Penembak Jitu

Real Madrid Zinedine Zidane Analisis
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.089

Bagikan