Krisis Real Madrid: Pecat Lopetegui Jadi Solusi Terbaik?

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 21 Oktober 2018
Krisis Real Madrid: Pecat Lopetegui Jadi Solusi Terbaik?
Julen Lopetegui (Zimbio)

BolaSkor.com - "Real Madrid telah melalui lima laga tanpa kemenangan di seluruh kompetisi (empat kali kalah, sekali imbang). Hanya sekali mencetak gol dan kebobolan tujuh kali. Melalui 481 menit tanpa mencetak gol."

Statistik itu dikeluarkan oleh Squawka di akun Twitter mereka pasca Real Madrid, secara mengejutkan, kalah dari tim yang berada di papan tengah klasemen LaLiga, Levante, dengan skor 1-2 di Santiago Bernabeu. Ya, di Santiago Bernabeu.

Parahnya lagi, Levante unggul cepat 2-0 kala laga belum genap memasuki menit 20 melalui gol Jose Luis Morales Nogales dan penalti Roger Marti, yang hanya dapat diperkecil via gol Marcelo (72'), yang notabene berposisi sebagai bek kiri. Pertanyaan muncul? Ke mana pemain-pemain ofensif Madrid?

Sekedar catatan, Julen Lopetegui memainkan Mariano Diaz, Marco Asensio, Lucas Vazquez, Luka Modric, Isco, Karim Benzema, Gareth Bale, dan Dani Ceballos di pertandingan tersebut. Di antara mereka, dengan statistik penguasaan bola 71 persen dan melepaskan 34 tendangan (12 tepat sasaran), tidak ada satupun yang berbuah gol - kecuali gol Marcelo.

Melihat keterpurukan El Real yang melanjutkan rentetan hasil minor sebelumnya, sudah sepantasnya label krisis diberikan kepada tim peraih 13 titel Liga Champions itu. Masalahnya pun jauh lebih kompleks dan rumit dari sekedar menyalahkan Lopetegui semata.

Mudah saja memang menyudutkan pelatih ketika segalanya tidak berjalan baik. Contoh sederhananya bisa dilihat dari perbandingan publik dan media yang cepat beredar akan nasib Lopetegui, yang diprediksi sama seperti Rafael Benitez di musim 2015-16: dipecat sebelum musim berakhir.

"Apa yang terjadi dengan Rafael Benitez sekarang jadi kasus bagi Lopetegui dan kesempatannya ada di Estadio Santiago Bernabeu hingga akhir musim tidak besar," begitu tulis Marca.

Masalah memilih taktik dan pemain memang menjadi urusan serta tanggung jawab pelatih. Namun, apakah Lopetegui bisa memprediksi hasil akhir laga? Tentu tidak. Patut diingat, akar permasalahan Madrid sedianya sudah bisa dilihat sejak awal musim ini.

Breaking News Real Madrid Julen Lopetegui LaLiga Levante Cristiano Ronaldo Ronaldo ke Juventus Zinedine Zidane
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan