Kritik Wasit meski PSM Menang, Bernardo Tavares: Mencengangkan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 16 Agustus 2022
Kritik Wasit meski PSM Menang, Bernardo Tavares: Mencengangkan
Pelatih PSM, Bernardo Tavares, saat menghadiri konferensi pers usai laga melawan RANS Nusantara, Senin (15/8). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - PSM Makassar berhasil meraih kemenangan dalam lawatannya ke kandang RANS Nusantara, Stadion Pakansari, pada laga keempat Liga 1 2022/2023, Senin (15/8) malam WIB. Meski menang, pelatih PSM, Bernardo Tavares, tidak puas dengan kinerja wasit.

PSM sempat tertinggal oleh gol Mitsuru Maruoka pada menit ke-31. Namun di babak kedua, tim dengan julukan Juku Eja tersebut mampu bangkit dan membalikkan keadaan berkat dua gol Everton Nascimento pada menit 48 dan 90+2.

Laga ini sempat dihentikan pada menit 20 karena kondisi lapangan yang tergenang air. Hujan deras membuat aliran bola menjadi tidak berjalan dengan baik.

"RANS adalah tim yang bagus, dan saya sadar bahwa tim kami harus berkembang, sehingga saya melakukan penyesuaian di ruang ganti untuk meningkatkan beberapa hal," kata pelatih PSM, Bernardo Tavares.

"Penting juga bagi kami mencetak gol cepat di babak kedua, dan setelah satu kesempatan dari RANS di babak kedua kami menciptakan banyak kesempatan, dan akhirnya bisa mencetak dua gol. Namun, maaf soal wasit. Kami memang menang, tapi saya harus bicara soal wasit," kata Tavares.

Tavares kecewa dengan kepemimpinan wasit Dwi Purba Adi Wicaksana. Menurutnya, wasit asal Kudus tersebut kerap mengeluarkan keputusan yang tidak tepat.

Baca Juga:

Hasil Liga 1 2022/2023: PSM Permalukan RANS Nusantara di Pakansari

PT LIB Tak Bisa Penuhi Permintaan Seluruh Klub untuk Bermain Sore

Dia juga heran karena dari empat laga yang sudah dijalani PSM, para pemainnya kerap mendapat kartu kuning dengan mudah.

"Sangat mencengangkan soal wasit ini. Ada beberapa kejadian di lapangan, tetapi wasit tidak memberikan keputusan yang benar. Belum lagi, tim kami mudah dapat kartu kuning. Apa yang kami lakukan? Apa yang pemain kami lakukan? Apa?," ujar Tavares.

Pelatih asal Portugal itu berharap PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) bisa menunjuk wasit yang tepat di pertandingan selanjutnya.

"Kami akan melawan Arema, tim kuat. Tolong, saya minta pakai wasit yang berkualitas dan adil. Wasit yang tidak mendukung Arema dan tim kami. Harus pakai wasit yang bagus, yang bisa memimpin pertandingan," tutur Tavares.

Ini bukan kali pertama Tavares melontarkan kritik terhadap wasit. Mantan asisten pelatih tim muda Benfica dan Sporting Lisbon itu juga tidak puas dengan wasit yang memimpin laga PSM melawan Persija Jakarta.

"Saya tidak benci pada Arema, Arema adalah klub bagus, dengan suporter yang bagus. Jangan lupa, kami main di kandang lawan Bali United dan Persija, lihat dua laga itu, Persija merasa bahwa kami dibantu wasit, tetapi sebenarnya banyak hal-hal aneh yang terjadi. Intinya, saya tidak ingin wasit membantu kami, apalagi saat kami main di kandang," tutur Tavares.

Psm makassar Rans Nusantara Bernardo Tavares Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan