BolaSkor.com- Legenda bulutangkis Indonesia, Icuk Sugiarto, berharap Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mulai berpikir kembali merekrut atlet non pemusatan latihan nasional (Pelatnas) untuk masuk ke dalam tim. PBSI harus bisa lebih mengedepankan prestasi ketimbang kepentingan kelompok.

Kritikan ini disampaikan Icuk setelah Indonesia gagal pada Piala Thomas dan Uber 2018 di Bangkok, Thailand, 20-27 Mei. Tim Thomas hanya mendapat medali perunggu, sementara tim Uber pulang dengan tangan hampa.

Pemilihan pemain yang masuk ke dalam tim menjadi sorotan Icuk. Peraih medali emas Asian Games India itu mempertanyakan keputusan PBSI yang hanya merekrut pemain untuk kepentingan kelompok.

"Saya kira kan Piala Thomas dibiayai negara dan Asian Games nanti pun demikian. Semua anak-anak bangsa, tanpa terkecuali, kalau dia mampu menunjukkan prestasi terbaik harusnya sudah wajar untuk bisa mewakili Indonesia," kata Icuk Sugiarto.

"Itu yang harus diperlihatkan para pimpinan di PBSI. Jangan hanya (pemanggilan atlet-atlet) untuk kepentingan kelompok, akan tetapi lebih mengorbankan Indonesia," sambungnya.

PBSI tidak memanggil Tommy Sugiarto yang memiliki ranking lebih tinggi daripada Ihsan Maulana Mustofa dan Firman Abdul Kholik. Padahal Tommy berhasil meraih gelar juara Thailand Master pada awal tahun ini.

Hasil tersebut seharusnya bisa menjadi pertimbangan PBSI untuk mulai kembali merekrut pemain non pelatnas. Apalagi Indonesia bakal menghadapi dua event besar yakni Indonesia Open Super Series dan Asian Games 2018.