Kroasia 1-1 (3-2 pen) Denmark: Patahkan Tiga Penalti, Subasic Bawa Vatreni Tantang Rusia di Perempat Final

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 02 Juli 2018
Kroasia 1-1 (3-2 pen) Denmark: Patahkan Tiga Penalti, Subasic Bawa Vatreni Tantang Rusia di Perempat Final
Selebrasi timnas Kroasia (fifa.com)

BolaSkor.com - Kroasia memastikan tempat di perempat final setelah pada laga 16 besar Piala Dunia 2018 mengalahkan Denmark lewat adu penalti 3-2. Laga harus ditentukan lewat adu tos-tosan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 dalam 120 menit. Kiper Kroasia, Danijel Subasic menjadi pahlawan setelah sukses membendung tiga penalti Denmark.

Pada laga ini, hanya Luka Modric dan Ivan Perisic yang pemain yang tampil saat Kroasia menang 2-1 atas Islandia. Sembilan pemain yang kemarin diistirahatkan kembali menjadi starter kali ini. Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic masih mengusung formasi andalannya 4-2-3-1.

Sedangkan Denmark yang tampil dengan 4-3-3, kembali memainkan Yussuf Yurary Poulsen menggantikan Pione Sisto. Sedangkan Jens Larsen harus duduk di bangku cadangan, digantikan Jonas Knudsen.

Drama langsung tersaji saat pertandingan belun genap satu menit. Lewat kemelut di depan gawang Kroasia, Mathias Zanka Jorgensen melepaskan sepakan yang masuk yang berbuah gol. Denmark unggul cepat 1-0.

Namun, skor 1-0 bagi Denmark tidak bertahan lama karena hanya berselang sekitar dua menit kemudian Kroasia mampu membuat keadaan kembali seimbang. Gol lahir juga berawal dari kemelut di depan gawang yang diakhiri tendangan Mario Mandzukic.

Mario Mandzukic mencetak gol penyama Kroasia (FIFA)

Laga berjalan makin sengit. Kedua kubu bergantian melancarkan serangan. Namun, lambat laun Kroasia mulai terlihat lebih sering menghadirkan ancaman di area pertahanan Denmark.

Pada menit ke-20, Kroasia merasa mendapatkan penalti setelah Ivan Perisic menilai diriya dijatuhkan oleh Dalsgaard. Setelah berkonsultasi dengan tim VAR, wasit Nestor Pistana dari Argentina memutuskan tidak ada penalti.

Denmark mendapatkan peluang pada menit ke-27. Bangunan serangan yang melibatkan Christian Eriksen, Cornelius, dan Braithwaite babak berbuah gol karena mampu digagalkan oleh kiper Kroasia, Danijel Subasic.

Selang dua menit kemudian giliran Kroasia yang mengacam. Kali ini lewat upaya Perisic yang melepaskan sepakan jarak jauh. Bola mampu dibendung Kasper Schmeichel.

Jual beli serangan terus berlanjut, begitupun dengan pertarungan di lini tengah membuat laga berjalan menarik. Namun hingga jeda skor 1-1 tidak berubah.

Di babak pertama, Kroasia sedikit lebih menguasai permainan dengan penguasaan bola mencapai 55 persen. Dalam urusan tembakan ke gawang Kroasia juga unggul dengan sembilan berbanding lima.

Breaking News Piala Dunia 2018 Denmark Kroasia
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.059

Bagikan