Kroasia 1-1 (4-2 Pen) Brasil: Tim Samba Kembali Disingkirkan Wakil Eropa

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 10 Desember 2022
Kroasia 1-1 (4-2 Pen) Brasil: Tim Samba Kembali Disingkirkan Wakil Eropa
Selebrasi Kroasia (twitter/fifaworldcup)

BolaSkor.com - Kejutan terjadi di laga perempat final Piala Dunia 2022. Kroasia menjadi tim pertama yang memastikan tempat di semifinal setelah menyingkirkan Brasil lewat adu penalti setelah selama 120 menit imbang 1-1, di Education City Stadium (Sabtu (10/12). Di adu tos-tosan Kroasia unggul 4-2.

Dengan hasil ini, Brasil memperpanjang rekor buruk mereka jika menghadapi tim asal Eropa di fase gugur. Sejak mengalahkan Jerman di final 2002, Brasil selalu kalah dalam enam laga melawan tim Eropa di fase gugur, empat di antaranya terjadi di perempat final.

Baca Juga:

5 Hal yang Layak Diperhatikan pada Laga Kroasia Vs Brasil

Jadwal Siaran Langsung Perempat Final Piala Dunia 2022 Hari Ini: Duel Eropa Vs Amerika Selatan

Prediksi dan Statistik Kroasia Vs Brasil: Tugas Berat Vatreni

Untuk pertama kalinya pada Piala Dunia ini Brasil menurunkan skuad yang sama dalam dua pertandingan berturut-turut. Pelatih Brasil Tite mempertahankan para pemain yang tampil saat menyingkirkan Korea Selatan di babak 16 besar.

Sementara Kroasia melakukan dua perubahan dari tim yang main melawan Jepang. Arsitek Kroasia Zlatko Dalic untuk laga ini memainkan Borna Sosa untuk mengisi posisi yang saat melawan Jepang ditempati Borna Barisic. Sedangkan Mario Pasalic menggantikan Bruno Petkovic.

Brasil mencoba menggebrak awal. Saat laga baru berjalan lima menit, Tim Samba sudah menciptakan peluang lewat Vinicius Jr. Namun bola sepakannya masih bisa dijinakkan kiper Kroasia Dominik Livakovic.

Hingga sepuluh menit berjalan, Kroasia mulai bisa mengimbangi Brasil. Pada menit ke-12, Kroasia melancarkan serangan lewat penetrasi cepat Josip Juranovic dari sisi kanan.

Sayang umpan silang mendatarnya belum bisa disambar Ivan Perisic. Selepas peluang tersebut Brasil sempat kesulitan melepaskan diri dari tekanan Kroasia.

Pada menit ke-20, dua peluang beruntun didapat Brasil. Pertama datang lewat aksi Vinicius dan kedua melalui Neymar. Namun kedua peluang tersebut masih belum berbuah gol.

Di pertengahan babak pertama laga mulai berjalan seimbang. Kroasia mulai bisa mengimbangi permainan Brasil.

Saat waktu normal babak pertama tersisa lima menit, Brasil mencoba mengurung pertahanan Kroasia. Namun, pertahanan Kroasia yang solid belum bisa dibongkar Neymar dan kawan-kawan.

Hingga babak pertama selesai, skor masih imbang tanpa gol.

Di babak kedua, Brasil langsung menggebrak. Dua menit berjalan, Brasil sudah mengancam pertahanan Kroasia. Beruntung Livakovic masih menyelamatkan gawangnya dari gol bunuh diri Gvardiol.

Tak berapa lama, pertahanan Kroasia kembali diuji. Lagi-lagi lini belakang Vetreni mampu membendung serangan Brasil. Meski ditekan, Kroasia masih mampu sesekali menyulitkan pertahanan Brasil lewat serangan balik.

Livakovic kembali menjadi penyelamat Kroasia ketika mampu membendung peluang yang didapati Neymar pada menit ke-55.

Sepuluh menit kemudian, peluang Brasil yang kali ini didapat Lucas Paqueta kembali gagal. Lagi-lagi Livakovic menjadi pihak yang mengagalkan peluang Brasil.

Livakovic kembali beraksi pada menit ke-75. Dengan cepat sang kiper keluar mempersempit ruang untuk membendung bola sepakan Neymar.

Brasil semakin menggencarkan serangan. Tepat pada menit ke-80 sebuah serangan Brasil diakhiri sepakan Lucas Paqueta. Namun, bola tepat ditangkapan Livakovic.

Di pengujung laga, meski berusaha menekan, kedua kubu gagal mendapatkan gol kemenangan. Alhasil pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, Brasil unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak Neymar pada menit ke-105(+1).

Namun keunggulan Brasil tidak bertahan. Pasalnya Kroasia berhasil menyamakan kedudukan berkat gol Bruno Petkovic pade menit ke-117.

Laga akhirnya harus diselesaikan lewat adu penalti. Kroasia memastikan tiket ke semifinal setelah dua penendang Brasil, Radrygo dan Marquinhos gagal melaksanakan tugasnya. Sementara empat algojo Kroasia, Vlasic, Majer, Modric, dan Orsic mencatat sukses.

Ini merupakan kali ketiga Kroasia lolos ke semifinal Piala Dunia setelah sebelumnya mereka lolos pada 1998 dan 2018.

Susunan Pemain

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa (Budimir 110); Luka Modric, Marcelo Brozovic (Orsic 114), Mateo Kovacic (Majer 106); Mario Pasalic (Vlasic 72), Andrej Kramaric (Petkovic 72), Ivan Perisic

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Eder Miltao (Alex Sandri 106), Marquinhos, Thiago Silva, Danilo; Lucas Paqueta, Casemiro; Raphinha (Antony 56), Neymar, Vinicius Junior (Rodrygo 64); Richarlison (Pedro 84)

Piala Dunia Piala dunia 2022 Timnas Brasil Timnas Kroasia Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan