Kroasia 2-1 Maroko: Vatreni Perpanjang Dominasi Benua Biru

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 17 Desember 2022
Kroasia 2-1 Maroko: Vatreni Perpanjang Dominasi Benua Biru
Selebrasi Kroasia (fifa)

BolaSkor.com - Pertarungan memperebutkan peringkat ketiga Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Sabtu (17/12), dimenangkan Kroasia. Wakil dari Benua Eropa tersebut merebut medali perunggu setelah mengalahkan Maroko dengan skor 2-1 lewat gol dari Josko Gvardiol menit ketujuh dan Mislav Orsic (42). Sedangkan gol Maroko disumbang Achraf Dari di menit kesembilan.

Hasil ini memperpanjang dominasi tim-tim Eropa dalam perebutan peringkat ketiga di turnamen empat tahunan ini. Dalam sebelas gelaran terakhir, peringkat ketiga Piala Dunia selalu dimenangkan oleh tim asal Benua Biru

Pelatih Maroko Walid Regragui melakukan tuga perubahan dari tim yang tampil di semifinal melawan Prancis. Attiat-Allah, Sabiri, dan El Khannouss masuk menjadi starter.

Baca Juga:

Karim Benzema Tak Tertarik Tampil di Final Piala Dunia 2022?

Piala Dunia 2022: Suplemen Tradisional di Balik Kekuatan Argentina

Rekor Pertemuan Argentina Vs Prancis: Tim Tango Superior

Sementara Ounahi duduk di bangku cadangan bersama Saiss serta Aguerd. Sementara Noussair Mazraoui absen karena cedera. Di kubu Kroasia, Zlatko Dalic membuat lima perubahan. Stanisic, Sutalo, Orsic, Majer, dan Livaja masuk menjadi starter.

Memulai laga, Kroasia langsung menekan pertahanan Maroko. Tekanan Luka Modric dan kawan-kawan sempat membuat Maroko kesulitan menghalau bola dari zona bahaya.

Tekanan Kroasia membuahkan hasil pada menit ketujuh. Lewat skema tendangan bebas, Josko Gvardiol sambil terbang menanduk bola umpan sundulan Ivan Perisic. Bola melesat ke pojok gawang tanpa bisa dijangkau kiper Maroko Yassine Bounou.

Namun keunggulan Kroasia tidak bertahan lama. hanya berselang dua menit Maroko sukses menyamakan skor. Serupa dengan Kroasia, Maroko berhasil membuat gol lewat skema tendangan bebas yang berhasil dimaksimalkan oleh Achraf Dari lewat sundulannya. Skor imbang 1-1 saat laga belum genap 10 menit.

Pada menit ke-18, Kroasia mendapatkan peluang lewat Kramaric. Namun bola sundulan Kramaric masih tepat ke pelukan Bounou.

Tekanan terus dilakukan Kroasia. Pada menit ke-24 Modric melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bounou dengan refleksnya berhasil mementahkan bola sepakan Modric.

Selang lima menit, giliran Maroko yang menciptakan peluang. Merangsek dari sisi kanan, Hakimi berhasil melepaskan umpan silang ke depan gawang. Sayang bola umpannya gagal menemukan kepala Boufal di depan gawang Kroasia.

Maroko mulai bisa menemukan ritme permainan saat laga babak pertama tersisa 15 menit. Alhasil, Kroasia mulai merasakan tekanan dari barisan serang Singa Atlas.

Saat waktu normal babak pertama tersisa tiga menit, Kroasia kembali unggul. Lewat sepakan melengkung, Mislav Orsic mengirimkan bola ke tiang jauh kanan tanpa bisa dijangkau Bounou. Skor 2-1 untuk Kroasia bertahan hingga jeda.

Saat babak kedua belum genap berjalan dua menit, Kroasia nyaris menambah keunggulan. Namun kali ini bola sepakan Orsic masih membentur El Yamiq dan hanya membuahkan sepak pojok.

Laga terus berjalan menarik. Maroko berusaha memburu gol penyama, sementara Kroasia terus mengejar gol untuk memastikan kemenangan.

Laga tersisa 30 menit, keletihan sudah mulai terlihat dari kedua kubu. Beberapa pemain bahkan terpaksa digantikan karena menderita cedera, seperti Kramaric dan El Yamiq.

Hingga menit ke-70, meski mencoba menekan, Maroko msih gagal menghadirkan ancaman ke gawang Kroasia. Tim Singa Atlas bahkan tercatat baru tiga kali melepaskan tembakan, sedangkan Kroasia 11.

Maroko nyaris menyamakan kedudukan lewat En-Nesyri pada menit ke-75. Namun aksi gemilang Livakovic mampu memblok bola sepakan En-Nesyri.

Sepuluh menit terakhir laga, Kroasia makin menguatkan dominasi permainan mereka. Vatreni berhasil memaksa bola lebih banyak berada di area Maroko.

Hingga laga usai, Kroasia mampu mempertahakan keunggulan 2-1. Runner-up empat tahun lalu, kini, pada Piala Dunia 2022, finis di peringkat ketiga. Ini merupakan kali kedua Kroasia menempati peringkat ketiga. Vatreni mengulangi pencapaian mereka pada Piala Dunia 1998, setelah mengalahkan Belanda, juga dengan skor 2-1.

Susunan Pemain

Kroasia (3-5-2): Dominik Livakovic; Josip Stanisic, Josip Sutalo, Josko Gvardiol; Mislav Orsic (Jakic 90+5), Lovro Majer (Pasalic 66), Luka Modric, Mateo Kovacic, Ivan Perisic; Marko Livaja (Petkovic 66), Andrej Kramaric (Vlasic 61)

Maroko (4-3-3): Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Achraf Dari (Benoun 64), Jawad El Yamiq (Amallah), Yahya Attiat-Allah; Abdelhamid Sabiri (Chair 46), Sofyan Amrabat, Bilal El Khannouss (Ounahi 56); Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri, Sofiane Boufal (Zaroury 64)

Piala Dunia Piala dunia 2022 Timnas Maroko Timnas Kroasia Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.106

Bagikan