Kroasia 4-1 Kanada: Jawaban Sempurna Vatreni

Arief HadiArief Hadi - Senin, 28 November 2022
Kroasia 4-1 Kanada: Jawaban Sempurna Vatreni
Kroasia 4-1 Kanada (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Kroasia menjawab dengan sempurna psywar yang dilontarkan pelatih Kanada, John Herdman, kala kedua tim bentrok di Khalifa International Stadium, Minggu (27/11) malam WIB. Vatreni - julukan Kroasia - menang dengan skor telak 4-1 di laga dua grup F Piala Dunia 2022.

Kedua tim sama-sama butuh poin usai gagal meraih poin di laga pertama. Kroasia imbang tanpa gol lawan Maroko, sementara Kanada kalah 0-1 dari Belgia. Laga ini juga dipanaskan dengan komentar pelatih Kanada, John Herdman, dengan motivasi untuk timnya kala menyinggung Kroasia.

Zlatko Dalic menerapkan taktik 4-3-3 untuk Kroasia dengan mengandalkan Ivan Perisic, Andrej Kramaric, Marko Livaja di lini depan. Sementara Herdman dengan formasi 3-4-3 untuk Kanada dengan pemain andalan seperti Alphonso Davies dan Jonathan David.

Laga baru berjalan semenit gol sudah tercipta di Khalifa International Stadium. Tajon Buchanan mengirim umpan silang ke kotak penalti dan di sana Davies menyambar masuk dan menanduk bola. Kiper Kroasia Dominik Livakovic tak berdaya mencegahnya. 1-0 Kanada unggul.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Iran Dituding Pengaruhi Wasit, Carlos Queiroz Angkat Bicara

Jadi Man of the Match Kontra Amerika, Harry Maguire: Pengkritik Hanya Cari Perhatian

Hasil dan Klasemen Grup C-D Piala Dunia 2022: Argentina Hidupkan Peluang

Selepas gol tersebut Kroasia mendominasi permainan melawan determinasi bermain Kanada untuk menjaga keunggulan. Trio gelandang Kroasia, Mateo Kovacic, Luka Modric, dan Marcelo Brozovic berperan penting untuk tim dalam mengatur ritme bermain.

Hasilnya pun berbuah gol di menit 36. Kesabaran Kroasia membangun serangan berakhir manis kala operan Ivan Perisic melalui pemain Kanada, disambar oleh Kramaric yang mengonversinya jadi gol. 1-1.

Memanfaatkan momentum Kroasia berbalik unggul tepat sebelum turun minum. Kali ini pemberi assist-nya adalah Josip Juranovic yang dikonversi jadi gol oleh Marko Livaja. Kroasia berbalik unggul 2-1 dan bertahan hingga babak pertama berakhir.

Perbedaan kualitas dan pengalaman terlihat jelas dari kedua kubu di babak kedua. Kroasia tetap tenang dan mengatur tempo bermain, sementara Kanada kali ini kesulitan untuk menembus pertahanan Kroasia yang dijaga Dejan Lovren.

Kramaric yang mencetak gol di babak pertama melanjutkan momentum tersebut dan kembali mencetak gol di babak kedua. Kali ini di menit 70 gol tercipta dan lagi, bola assist diberikan oleh Perisic. Pertahanan Kanada sederhananya kesulitan mengatasi mereka. 3-1 Kroasia menjauh.

Mental Kanada runtuh setelah tiga gol tersebut. Benar saja, Kroasia memanfaatkannya dengan gol keempat yang datang dari pemain pengganti kala operan dari Miroslav Orsic diterima oleh Lovro Majer dan berbuah gol. Kroasia menang 4-1 atas Kanada di laga dua grup F.

Susunan Pemain

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Borna Sosa, Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Josip Juranovic; Mateo Kovacic (Lovro Majer 86'), Marcelo Brozovic, Luka Modric (Mario Pasalic 86'); Ivan Perisic (Miroslav Orsic 86'), Andrej Kramaric (Nikola Vlasic 73'), Marko Livaja (Bruno Petkovic 60').

Pemain Cadangan: Nikola Vlasic, Luka Sucic, Martin Erlic, Ante Budimir, Ivo Grbic, Josip Sutalo, Mario Pasalic, Ivica Ivusic, Lovro Majer, Borna Barisic, Miroslav Orsic, Bruno Petkovic, Josip Stanisic, Kristijan Jakic.

Pelatih: Zlatko Dalic

Kanada (3-4-3): Milan Borjan; Alistair Johnston, Steven Vitoria, Kamal Miller; Richie Laryea (Junior Hoilett 62'), Atiba Hutchinson (Sam Adekugbe 73'), Stephen Eustaquio (Ismael Kone 46'), Alphonso Davies; Tajon Buchanan, Cyle Larin (Jonathan Osorio 46'), Jonathan David (Lucas Cavallini 73').

Pemain Cadangan: James Pantemis, Lucas Cavallini, Joel Waterman, Liam Fraser, David Wotherspoon, Dayne St. Clair, Sam Adekugbe, Ike Ugbo, Mark-Anthony Kaye, Derek Cornelius, Liam Millar, Jonathan Osorio, Samuel Piette, Junior Hoilett, Ismael Kone.

Pelatih: John Herdman

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Kanada Timnas Kanada Kroasia Timnas Kroasia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan