Kronologi Kegagalan Comeback Lionel Messi ke Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 08 Juni 2023
Kronologi Kegagalan Comeback Lionel Messi ke Barcelona
Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Saga transfer megabintang Argentina berusia 35 tahun, Lionel Messi, telah berakhir. Tidak ke Arab Saudi, tidak juga kembali ke FC Barcelona, La Pulga - julukan Messi - memilih melanjutkan karier di Major League Soccer (MLS) bersama Inter Miami.

"Saya telah membuat keputusan untuk pergi ke (Inter) Miami. Ini masih belum ditutup 100 persen, masih ada beberapa detail final tersisa, tapi keputusan itu telah kami buat," terang Messi seperti dikutip dari Sport-English.

Klub milik legenda Manchester United, David Beckham, itu juga mengumumkan kedatangan Messi melalui media sosial. Pun demikian Barcelona, yang belakangan santer dikaitkan dengannya setelah kontrak Messi habis bersama Paris Saint-Germain (PSG).

"Pada hari Senin, 5 Juni, Jorge Messi, ayah dan perwakilan sang pemain, memberi tahu Presiden Klub Joan Laporta tentang keputusan sang pemain untuk bergabung dengan Inter Miami, meskipun telah diajukan proposal dari Barca, dengan pertimbangan keinginan dari FC Barcelona dan Lionel Messi baginya untuk sekali lagi memakai (jersey) Blaugrana," tutur pernyataan di situs resmi Barcelona.

Baca Juga:

Gabung Inter Miami, Lionel Messi Tuturkan Alasan Tinggalkan Sepak Bola di Eropa

Kejutan, Lionel Messi Pilih Gabung Inter Miami

Siasat Barcelona Datangkan Lionel Messi: Pinjam dari Inter Miami

Dengan kepastian tersebut, Messi meninggalkan sepak bola di Eropa setelah 18 tahun berkarier dan menjalani debut di tim utama Barcelona. Sampai saat ini, Messi hanya memperkuat dua klub Eropa di dalam kariernya: Barcelona dan PSG.

Messi pergi dengan warisan besar berupa tujuh Ballon d'Or, empat trofi Liga Champions, 10 titel LaLiga, tiga kali menerima penghargaan Pemain Terbaik Putra FIFA dan juga Pemain Terbaik Eropa UEFA. Klimaksnya, Messi membawa Argentina juara Piala Dunia 2022.

Kronologi Kegagalan Comeback ke Barcelona

Satu hal yang menarik adalah Messi tidak jadi kembali ke Barcelona. Padahal, rumor itu sempat gencar belakangan ini karena status free agent (tanpa klub) Messi setelah pergi dari PSG.

Barcelona bersaing dengan klub Arab Saudi yang juga sedang gencar merekrut pemain dari Eropa. Namun, melihat dari sisi finansial, Barcelona tak bisa memenuhi tuntutan gaji Messi meski keduanya menjaga hubungan dan terus melakukan kontak.

Messi menuturkan alasan meninggalkan Eropa dan melanjutkan karier di Amerika Serikat, mengakui alasannya tidak bisa membela tim Eropa lainnya selain Barcelona. Tetapi ia juga menuturkan alasan sesungguhnya tak bisa kembali ke sana.

"Ya, meninggalkan Eropa. Sebenarnya saya mendapat tawaran dari tim Eropa lain, tetapi saya bahkan tidak mengevaluasinya karena di Eropa ide saya hanya pergi ke Barcelona," ujar Messi.

"Setelah memenangkan Piala Dunia dan tidak bisa pergi ke Barca, tibalah waktunya untuk pergi ke Liga Amerika untuk merasakan sepak bola dengan cara yang berbeda dan menikmati hari demi hari."

"Tentunya dengan tanggung jawab yang sama dan keinginan yang sama untuk ingin menang dan selalu melakukan sesuatu dengan baik. Tetapi dengan lebih banyak ketenangan pikiran."

Barcelona juga menghargai keputusan Messi yang ingin menjauh dari tekanan dan sorotan besar. Mereka bahkan sudah menyiapkan penghargaan untuk melepas produk terbaik dari La Masia tersebut.

"Presiden Laporta memahami dan menghormati keputusan Messi yang ingin bersaing di liga dengan tuntutan lebih sedikit, jauh dari sorotan dan tekanan yang dialaminya dalam beberapa tahun terakhir," tambah pernyataan di laman resmi Barcelona.

"Baik Joan Laporta dan Jorge Messi juga sepakat untuk bekerja sama untuk mempromosikan penghargaan yang layak dari para penggemar Barca untuk menghormati pesepakbola yang telah, sedang, dan akan selalu dicintai oleh Barca."

Messi seyogyanya ingin kembali ke Barcelona, tetapi ada alasan yang membuatnya tak dapat melakukannya, khususnya karena kondisi finansial yang saat ini dihadapi mantan klubnya tersebut.

"Ya, kebenarannya adalah ya. Saya benar-benar ingin kembali, saya sangat menantikannya. Tapi, di sisi lain, setelah menjalani apa yang saya jalani, setelah kepergian yang saya alami. Saya tidak ingin melalui situasi yang sama lagi dan harus menunggu untuk melihat apa yang akan terjadi," imbuh Messi.

"Saya tidak ingin meninggalkan masa depan saya di tangan orang lain. Entah bagaimana, saya ingin membuat keputusan sendiri untuk diri saya sendiri, untuk keluarga saya."

"Meski pun saya mendengar bahwa mereka mengatakan bahwa liga telah menerima segalanya dan semuanya baik-baik saja bagi saya untuk kembali, masih banyak hal lain yang hilang."

"Saya mendengar bahwa mereka harus menjual pemain atau menurunkan gaji pemain dan sebenarnya saya tidak ingin melalui itu, juga tidak bertanggung jawab atau ada hubungannya dengan semua itu," terangnya.

Pada akhirnya Messi ingin membuat keputusannya sendiri dan sedikit 'trauma' dengan kepergiannya dari Barcelona pada 2021. Saat itu, Messi 'terpaksa' meninggalkan klub karena kondisi finansial yang memaksa mereka memangkas gaji pemain, menjual pemain khususnya yang bergaji tinggi.

"Selama karir saya di Barcelona, saya dituduh melakukan banyak hal yang tidak benar dan saya sedikit lelah. Saya tidak ingin melalui semua itu lagi," kata Messi.

"Dan ya, ketika saya harus pergi, mereka juga mengatakan bahwa LaLiga telah menerima semuanya, tetapi pada akhirnya tidak bisa dilakukan."

"Saya takut hal yang sama akan terjadi lagi dan saya harus terburu-buru (membuat keputusan) seperti yang saya lakukan saat itu: saya harus datang ke sini ke Paris, untuk tinggal di hotel untuk waktu yang lama dengan keluarga saya, dengan anak-anak saya pergi ke sekolah dan masih berada di hotel. Saya ingin membuat keputusan sendiri. Itu sebabnya saya tidak kembali ke Barca," urainya.

Messi Lionel Messi Inter Miami Barcelona FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan