BolaSkor.com - Perubahan terjadi dengan cepat setelah 12 klub pendiri membentuk Liga Super Eropa yang ditentang oleh banyak pihak. Drama itu berlanjut dengan mundurnya enam klub Premier League sehari setelah pengumuman Liga Super Eropa.

Keenam klub itu adalah Manchester City, Liverpool, Arsenal, Tottenham Hotspur, Chelsea, dan Manchester United. Klub yang disebut terakhir juga berlanjut dengan drama mundurnya CEO Ed Woodward setelah 16 tahun bekerja.

Baca Juga:

Man United Batal Ikut Liga Super Eropa, Ed Woodward Mundur

Usai Ed Woodward, Kini Keluarga Glazer Diminta Meninggalkan Man United

Menerka Alasan Ed Woodward Mundur dari Manchester United

"Saya sangat bangga telah melayani United dan merupakan suatu kehormatan bekerja untuk klub sepak bola terbesar dunia selama 16 tahun terakhir," ucap Woodward.

'Klub berada dalam posisi yang baik untuk masa depan dan akan sulit untuk pergi pada akhir tahun."

"Saya akan menghargai kenangan dari masa saya di Old Trafford, selama periode ketika kami memenangkan Liga Europa, Piala FA dan Piala Liga. Saya bangga dengan regenerasi budaya klub dan kembalinya kami ke cara bermain Manchester United."

Mundurnya Woodward menjadi misteri sebab itu terjadi setelah Liga Super Eropa terbentuk dan MU mengundurkan diri.

Kronologi Mundurnya Ed Woodward

Ed Woodward dengan Joel Glazer

Woodward pernah bekerja untuk JP Morgan, bank Amerika Serikat yang membantu membiayai Liga Super, serta berperan penting jadi salah satu figur di balik Liga Super Eropa.

Woodward sedianya sudah lama ingin mundur dari jabatannya dengan menjadikan Matt Judge dan John Murtough sebagai penerusnya. Akan tapi blunder yang dibuatnya di Liga Super Eropa mengakari keputusannya pergi.

Dengan mundurnya klub-klub pendiri dan kritikan deras dari publik, sorotan otomatis terarah kepada mereka yang bertanggung jawab di direksi karena menerima tawaran bermain di Liga Super Eropa. Woodward demikian dan ia dicap bak ular oleh Presiden UEFA Aleksander Ceferin.

"Dia menelepon saya Kamis malam lalu mengatakan dia sangat puas dan mendukung penuh reformasi dan satu-satunya hal yang ingin dia bicarakan adalah Financial Fair Play, padahal jelas dia sudah menandatangani sesuatu yang lain," ucap Ceferin soal Woodward.

Alhasil dengan derasnya kritikan yang terfokus kepadanya Woodward pun mundur, meski Co-Owner MU Joel Glazer telah menghubunginya dna memintanya bertahan. Woodward sudah bulat dengan keputusannya.

"Ed Woodward telah melayani klub dengan sangat istimewa. Atas nama semua orang di United, saya ingin mencatatkan terima kasih yang tulus atas kerja dan dedikasinya yang tak kenal lelah," ucap Joel. "Kontribusinya untuk klub sangat besar."

Dikabarkan oleh Daily Star Woodward kecewa karena ia menjadi sorotan utama di MU setelah heboh Liga Super Eropa, sementara Keluarga Glazer yang memiliki klub tak terlihat dan bersembunyi di balik bayang-bayang.