BolaSkor.com - Lagi-lagi pembalap debutan MotoGP 2019 dari tim satelit Petronas Yamaha, Fabio Quartararo mencuri perhatian. Kali ini pada kualifikasi MotoGP Katalunya di Sirkuit Katalunya, Spanyol, Barcelona, Sabtu (15/06).

Quartararo meraih pole position sekaligus untuk kali kedua pada musim ini, ia memulai lomba dari grid terdepan. Pembalap asal Prancis ini mengungguli pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dengan selisih 0,015 detik.

Baca Juga:

FP3 MotoGP Katalunya: Rins Tercepat, Marquez Belum Konsisten

Sesi Latihan Bebas Kedua MotoGP Katalunya: Quartararo Tercepat, Marquez Terjun Bebas

Adapun seperti biasa, dua pembalap berhak lolos ke kualifikasi kedua (Q2) dari pertama (Q1). Pembalap Petronas Yamaha, Franco Morbidelli dan pembalap Suzuki, Joan Mir jadi sosok yang mendapatkan tiket ke Q2.

Catatan waktu Morbidelli bahkan sangat fantastis. Pembalap asal Italia ini membukukan 1 menit 39,727 detik, sekaligus jadi-satunya-satunya pembalap yang catatan waktunya tembus 1 39 detik di Q1.

Pada Q2, Morbidelli kembali unjuk gigi. Lewat torehan waktu 1 menit 39,711 detik, ia menempati posisi pertama mengalahkan rekan setimnya, Fabio Quartararo dan Marquez yang sempat berstatus pembalap tercepat.

Namun tak berselang lama, pembalap pabrikan Yamaha, Maverick Vinales bisa mempertajam catatan waktu dengan selisih hanya 0,001 detik dari Morbidelli.

Vinales hanya beberapa detik di urutan pertama. Karena Quartararo membukukan lap yang fantastis: 1 menit 39,484 detik untuk mencetak pole position MotoGP Katalunya.

Vinales sendiri akhirnya harus puas berada di posisi tiga. Pembalap yang start dari baris terdepan dilengkapi pimpinan klasemen sementara, Marquez di urutan kedua.

Secara keseluruhan, kualifikasi MotoGP Katalunya jadi kebangkitan Yamaha. Karena empat pembalap tim berlambang garpu tala sukses tembus lima besar. Terbukti Morbidelli dan Valentino Rossi juga mengisi posisi 4-5.*

10 Besar Kualifikasi MotoGP Katalunya
1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha)
2. Marc Marquez (Repsol Honda)
3. Maverick Vinales (Yamaha)
4. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)
5. Valentino Rossi (Yamaha)
6. Andrea Dovizioso (Ducati)
7. Danilo Petrucci (Ducati)
8. Alex Rins (Suzuki)
9. Cal Crutchlow (LCR Honda)
10. Jorge Lorenzo (Repsol Honda)